=======
=== ===

::Pencarian Cepat::

Memuat...

Minggu, 19 Juni 2011

Belajar Kehidupan Dari Big Brother Indonesia

<

15 Housemates:

ELIMINATED (Terdeportasi)>>Roy, Aga, Dey/dewi, Widi, Mama Ade, Maurice, Luthfie/Boris, Afrie/Aping, Patra, Jane Nich, Shinta, Tengku<<ELIMINATED (Terdeportasi)
4 Besar Housemates Big Brother Indonesia:
Renata, Derek, Alan, Tengku,

Grand Final 3 Besar Big Brother Indonesia (dan teman pendamping):
Renata (Dey/Dewi), Derek (Widi), Alan (Apink/Afrie)

info: sejak 7 besar, deportasi housemates oleh big bro dilakukan 2 minggu sekali

Urutan kapten: Roy, Patra, Rene, Luthfie, Derek, Alan, Shinta, Tengku, Afrie, Jane
Tengku (lagi)

Lihat Juga: Profile 15 Housemate's Big Brother Indonesia


*****
Kok bisa belajar kehidupan dari reality show? Big Brother Indonesia sendiri awalnya adalah sebuah reality show misterius, yang sebelum audisinya digelar sama sekali tidak menyebutkan 'merk'. Yup seingat saya, saat dulu trans tv mengiklankannya hanya mengundang orang-orang yg suka tantangan untuk mengikuti audisi reality show yang katanya terbesar dan sukses di beberapa negara ini. Reality show tentang apa dan bagaimana acaranya memang tidak diberitahu trans tv kepada pemirsanya di layar kaca.

Nampak sangat menantang dan bikin penasaran. Itu kesan sy liat iklan mereka. Seandainya saya nganggur dan punya byk waktu luang... juga tinggal di jakarta, mungkin sy udah ikut gila2an ngantri audisi peserta reality show kucing dalam karung ini. Hihi.. yah mungkin cocok sy umpamakan spt peribahasa tersebut, krna setau saya iklan audisi reality show ini memang dibuat misterius.. absurd.. ga jelas. Disitu mungkin nilai persuasif yang ditanamkan tim kreatif trans tv.. terselubung.. baik untuk peserta maupun pemirsanya. Tapi sbg penonton saya suka dengan gaya ini. Cara beriklan yg blm banyak dicoba di Indonesia, metode kucing dalam karung :D.

Awalnya sy kira reality show ini bakalan seperti Survivor atau The Amazing Race, tv serial bergenre reality show tantangan bermodal dasar kekuatan fisik dan mental yang pernah sukses di amerika. Tapi pas liat episode perdananya dan cuplikan big brother versi luar negeri... lah kok?! Ini sih sama saja layaknya Penghuni Terakhir yang sedang tayang di antv dan taun ini sedang memasuki season ke-6-nya. Dan sepenglihatan sy reality show macam ini sangat tdk alami dan terlihat akting pesertanya yg dibuat-buat, Jauh dibawah tebakan sy yang menyangka reality show terbaru trans tv ini bakal heboh dan acara sejenisnya blm pernah ditayangkan di Indonesia. Di episode awal BB Indo ini sy pun sempat mengakhiri rasa penasaran sy dan tidak ingin melanjutkan mengikuti perkembangannya.

Hingga akhirnya BB Indo menayangkan bagimana rumah tinggal para housemates (sebutan bagi peserta yg tinggal dirumah tsb.) ternyata dirancang khusus secara canggih untuk bisa mengintip semua aktifitas penghuninya yang terisolir dr dunia luar ini, baik dgn kamera dr balik cermin maupun robot cctv yang bisa dikendalikan dr tpt lain, kecuali di tempat pribadi seperti kamar mandi dan ruang ganti tentunya.

Berbekal kecanggihan alat pemantau juga janji trans tv yang menyajikan reality show ini asli tanpa script dan rekayasa, akhirnya sy pun dibuat penasaran setiap senin sampai sabtu jam 19.00 wib di trans tv. Hingga sekarang... masih rajin 'mantengin' trans tv di malam hari klo sy ga ada kesibukan yg lain.

Terus apa asiknya acara ini klo acara serupa jg sedang tayang di tv lain? Belajar kehiupannya darimana?

Begini ceritanya...

ATURAN MAIN
Aturan bermain dalam big brother Indonesia ini setiap peserta yg lolos 15 besar audisi akan ditempatkan untuk tinggal terisolir dalam sebuah rumah khusus rancangan big brother selama lebih dari 100 hari. Rumah itu terdiri dari banyak ruangan seperti ruang tengah, dapur, kamar housemate pria, kamar housmates wanita, kamar khusus kapten, ruang curhat kpd big brother yang kedap suara dan terkunci otomatis, hanya bisa dimasuki jika big bro mengijinkannya. Ada juga ruang ibadah untuk memberi kesempatan para housemates menjalankan ibadahnya yg tidak boleh ditinggalkan. Termaauk untuk mereka yg muslim walaupun tdk ada penunjuk waktu, namun jika sudah masuk wktu shalat akan ada pemberitahuan terdengar suara adzan ataupun pemberitahuan lainnya. Ada juga ruang penjara pria dan wanita yang diperuntukan bagi housmates yg terkena hukuman, ada ruang penyimpanan tempat bigbro secara misterius tiba-tiba memumculkan peralatan/games/memberi koin, dsb. Ada jg teras belakang rumah dmn para housmates yg terisolir ini ttp bisa menikmati cahaya matahari. Ada juga taman belakang dengan luas yg cukup biasanya digunakan utk games yg memerlukan area terbuka, khusus taman belakang yg terhubung dgn pintu besi ini hanya terbuka pd waktu2 tertentu disaat para housmates harus beraktifitas di ruang terbuka yang cukup luas. Dan kamera pengintai setiap saat 24 jam nonstop memantau gerak-gerik mereka dimanapun berada kecuali saat di ruang ganti dan kamar mandi.

Setiap peserta, yang dipanggil dengan sebutan housmates ini harus mampu hidup di rumah itu tanpa alat penunjuk waktu dan barang elektronik apapun. Mereka harus berbaur dan menjalin kehidupan dengan housmates lainnya sekaligus bersaing untuk lebih lama bertahan dgn kehidupan terisolir dan banyak aturan main dari bigbro ini. Setiap minggu bakal ada peserta yg terdeportasi dan harus keluar dr rumah ini. Peserta yang masuk nominasi deportasi adalah usulan dr housmates lainnya, 3 suara terbanyak akan menjadi calon terdeportasi. Dan housematas yg terdeportasi adalah housemates yg plg byk mendapat sms dari pemirsa.

Ada reward n punishment jg disini, dimana setiap peserta yg menang games akan mendapatkan koin biru dan/atau merah. Koin biru bisa untuk belanja keperluan mingguan para housemates sbg tim, misalnya pilih membeli pewangi ruangan atau makanan beras. Dan koin merah utk belanja keperluan pribadi. Disinilah mrk belajar prioritas, spt jg terjadi dlm dunia nyata.dimana kita pun seringkali.berhadapan dengan pilihan mana yg harus didahulukan, disinilah skala prioritas berlaku.

Cukup seru aturan main bigbro ini. Unik. Walaupun mirip dengan penghuni terakhir antv, tetapi sistem sms pemirsa ini jelas beda dgn acara sms pemirsa lainnya. Di ajang pencarian bakat atau penghuni terkhir antv mislnya.. sms terbanyak akan mengartikan bahwa peserta tersebut byk dukungan. Sedangkan dalam bb indo ini peserta dgn byk sms justru peserta yg harus keluar. Ini jg indikasi bahwa trans tv tdk mencari keuntungan lewat sebanyak-banyaknya fans dan simpatisan yang mendukung mereka lewat sms premium. Lagi-lagi sy salut dgn trans tv yg mampu profesional dlm penjurian semacam ini setelah sblmnya saya juga kesengsem dengan ajang pencarian bakat IMB lewat penjuriannya yg cukup fair dgn tdk semata-mata mengandalkan sms bertarif mahal.

MINIATUR KEHIDUPAN NYATA
Kenapa sy bilang belajar kehidupan dr acara big brother Indonesia ini? sebab bagi saya sbg penonton, reality show bb indo ini adalah miniatur kehidupan sesungguhnya di dunia nyata. Yup, disana ada berbagai karakter dan tipe manusia. dari yang pendiam, keibuan, sabar, pengamat, pemarah, bahkan sampai yg licik dan meledak-meledak jg ada. Ada pertemanan, persahabatan, persaingan, kebencian, ada juga geng atw kelompok yg terbentuk krn rasa kesamaan. Tiap minggunya ada peserta yg harus terdeportasi.. tanpa bs ditolak. Bagi sy ini layaknya kehidupan nyata dmn juga hrs ada orang yang pergi, yg jatah hidupnya telah habis. demikian jg dlm bb indo ada mrk yg habis masa hidupnya dlm acara ini dan harus terdeportasi. Ada tangisan saat seseorang harus pergi, ada kesedihan, mungkin ada jg rasa senang saat org yg harus pergi itu adlh org yg tdk diharapkan keberadaannya. Dan memang dlm kehidupan nyata pun jika kita tdk pandai2 membuat diri kita berarti di lingkungan kita maka bs jadi kepergian kita tdk berarti apa2 bgi org lain, atw malah disyukuri org lain karena keberadaan kita justru membuat org takut dan tdk nyaman.

Dalam reality show ini jg ada aturan main yg diturunkan oleh sosok tak terlihat, tak nyata, tp dipatuhi para housemates. Ada aturan main yg jelas2 memang bisa diukur dgn logika tp ada jg aturan main yg tdk masuk akal. Misalnya saat para housemates dilarang berjalan di rumah bigbro tanpa 2 buah alas kaki besar yang hrs bergantian dipindahkan setiap kali berjalan. Atau saat 2 org housemates mendapat bonus makan enak seperti pizza dan es krim tp sebagian besar housemates lainnya dilarang utk ikut menikmati. bagi yg melanggar maka akan dikurangi perolehan koin nya.Aneh memang dan kadang diluar logika. Tp anehnya mau saja dipatuhi. Walau kadang saat logika mencoba memahami aturan itu justru penolakan dan ketidakpatuhan yg muncul.

BIG BROTHER BERPERAN SEBAGAI TUHAN
Dari disinilah pelajaran pentingnya. Disini para housemates belajar menjadi manusia yg patuh.. menuruti perintah dan menjauhi larangan. Patuh pada sosok maya, ghaib, padahal tak tampak oleh mata. Di kehidupan nyata aturan bigbro ini bisa diterjemahkan spt aturan tuhan. Aturan yg diturunkan utk dipatuhi. Ada ganjaran bagi kepatuhan dan pelanggaran, demikian jg dlm reality show ini.

Kalau begitu Big Bro disini bertindak sbg tuhan? Yup sy melihatnya seperti itu. Sosok tak berwujud yg diyakini adanya bahkan aturannya harus dipatuhi. Tapi bigbro sbg 'tuhan' dlm reality show ini jangan disalah artikan sbg syirik, musyrik, atau menduakan tuhan, karena dlm reality show ini para peserta maupun pemirsanya tidak samasekali menyembah sosok Big Brother. Tapi lewat miniatur kehidupan dari acara ini justru kita bisa melihat kehidupan dari sudut pandang yg lebih luas.

Salah satunya dr tugas mingguan alas kaki, ketika para housemates wajib memakai sepasang alas kaki bentuk lingkaran besar seperti keset yg tidak menempel dikaki. Jadi setiap kali akan berjalan, maka tiap kali itu pulalah alas kaki itu hrs dipindahkan bergantian sblm melangkah. Jika melanggar akan ada hukuman. Ada housemate yg melanggar dgn entengnya krn merasa aturan bigbro ini aneh dan nyeleneh. Mempersulit gerak mereka, tdk masuk logika. Hingga setelah aturan itu berakhir masa berlakunya selama 1 minggu bigbro pun memberi hadiah berupa tayangan di layar plasma tentang seorang pengusaha sukses yang mampu menaklukan segala keterbatasan yg dimilikinya.

Orang ini hidup tanpa kedua kaki namun tidak pernah mengeluh dan menjadikan kekurangannya sebagai motivasi untuk terus berusaha menjadi manusia yg bermanfaat tanpa terus meratapi kekurangannya. Justru dia bersyukur pd tuhan krn kekurangannya membuat dia menjadi manusia yg tegar.

Melihat tayangan ini semua houasemates terharu, bahkan ada yg menitikkan air mata. Ada jg yg tampak menyesal krna sebelumnya menganggap remeh permainan alas kaki ini. Justru dr permainan ini mereka belajar hidup dgn keterbatasan, namun tidak selayaknya keterbatasan ini jd penghalang untuk berpreatasi. Saat para housemates sedang larut dalam haru tiba2 sang bapak pengusaha yang hidup sukses dengan keterbatasan tanpa kaki itu tiba2 muncul dari balik pintu. Para housemates pun menyambut dengan hangat dan sang pengusaha berbagi motivasi utk tetap bersyukur dan berusaha dlm keterbataasan. Akhirnya housemates pun belajar utk tdk meremehkan 'perintah' bigbro, karena apa yg diperintahkan bigbro walaupun kadang tak masuk akal ternyata punya makna mendalam dibalik itu. Demikian jg dlm hidup ini kadang manusia mengeluh dgn apa yg diberikan tuhan baik berupa keterbatasan maupun perintah tuhan yg tdk dilaksanakan dgn baik, padahal dibalik itu ada rencana tuhan yang Indah. Sebagaimana dalam Islam jg diajarkan bahwa belum tentu apa yg baik di mata manusia adalah baik jg di mata Allah, demikian jg sebaliknya.. karena gusti Allah yg memberi 'peraturan' Dia pula maha tau yg terbaik utk hambanya.

Yup,, kadang belajar justru bisa dari sesuatu yang kecil yang sepele,, tapi dari yang kecil ini justru kita bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih luas.
Ini pendapatku bagaimana dengan anda? tentunya tiap orang boleh berbeda =)

===============
Hasil Polling kuncupkembang:

<


13 komentar:

  1. SUKURIN TUH SI LUTHFIE AKHIRNYA DI PENJARA, ORANG KAYAK DIA SEPERTINYA SUDAH AHLI BANGET MEMALSUKAN IDENTITAS. PINTAR MERANGKAI CERITA BOHONG.. MUNGKIN BUKAN HANYA YANG NELPON DAN DI UNDANG TRANS TV YANG PERNAH DI TIPUNYA. SEPERTINYA MASIH BANYAK ORANG LAIN YANG PERNAH DI TIPU LUTHFIE DENGAN BANYAK IDENTITAS PALSUNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma luthfie loh yg suka mengarang cerita. Peserta dari bandung yg polling menjengkelkannya tinggi juga suka berbual cerita. Ternyata pemirsa bisa menilai. :)

      Hapus
  2. Siapa sih nama bapak pengusaha yang tidak punya kaki di acara big brother dulu itu. saya salut banget dan harusnya semua orang yang punya kekurangan mau semangat dan belajar sama beliaw

    BalasHapus
  3. Ah,, masi ga ngerti sama aturan mainnya.
    lagian aneh masa sampe ada yang masuk berita segala peserta big brother di tangkep polisi sih? rekayasa kali?

    BalasHapus
  4. ah... aku gak ngerrti bagaimana peraturan di rumah big brother..........

    beda muluh .....
    klw setiap ganti kapten pasti peraturan nya beda.... capek dech aku........

    BalasHapus
  5. kehidupan romantis shinta dan afrie.

    BalasHapus
  6. anggi syabani rahmawati25 Juni 2011 22.04.00 WIB

    tengku terlalu centil

    BalasHapus
  7. @billy,, yup. peraturan umumnya semua sama. tapi tiap yg jadi kapten boleh bikin peraturan sendiri selama tidak melanggar aturan umum... yg ngeselin waktu luthfie sm derek jadi kapten aja,, mereka bikin aturan2 seenaknya. hihi

    @ana,, hihi chayo apink & Shinta! :D
    @anggi,, kalo bukan tengku dukung siapa donk?
    ikut saya aja dukung RENE Yuks ;)

    BalasHapus
  8. derek gila!! mentang-mentang udah ga ada apink masa sekarang shinta juga di embat! parah...
    kasian tu jane!

    apink yang selama ini jadi kubu derek bakal melihat siapa derek sebenarnya

    BalasHapus
  9. berita terbaru dong..

    BalasHapus
  10. @anonim.. kabar terakhir sih selama sebulan ramadhan ini kan 4 housemates tersisa tinggal bersama tamu kehormatan: keluarga kakek Yusuf -yang dulunya bekas chef-,tp skrg hidup miskin dan tinggal di sepetak rumah kecil dgn 1 anak dan 4 cucu. akhirnya keluarga miskin itu (7orang) tinggal bareng di rumah bigbro selama bulan puasa. 4 housemates yg tadinya kesepian skrg senang punya keluarga baru. apalagi ada 2 anak kecil berumur dibawah 5 tahun, Sulaeman dan Fitri, yg bikin housemates gemes dan betah.

    sabtu malam tgl 27 agustus 2011 kemarin harusnya jd malam deportasi karena sudah lewat 2 minggu sejak shinta di deportasi tanggal 13 agustus lalu. tapi bigbro justru memilih untuk tidak mendeportasi salah satu dari 4 housemates tersisa, dengan alasan sudah menjelang lebaran dan akan melakukan deportasi housemate pada sabtu 3 september minggu depan. sebagai gantinya big brother malah mendeportasi keluarga kakek yusuf. kepergian kakek yusuf dan 6 anggota keluarganya membuat keempat housemates sedih dan merasa kehilangan. terlebih mereka sudah menemani kebersamaan para housemates selama menjalani puasa. ada suka ada duka. ada senang dan kadang ada kesal juga dalam menjalani kurang dari 1 bulan bersama mereka.

    Tapi ada satu kelegaan yg terpancar dari mereka.. karena sebuah permainan beberapa saat sebelum kepergian keluarga yusuf telah berhasil membuka masalah terpendam yg selama ini tak terselesaikan diantara mereka. ada sebuah dendam lama yg tersimpan antara Nur dan Idris (kakak dari 2 anak lucu, Eman dan Fitri) yang skrg usianya beranjak remaja. Mungkin sepintas perselisihan adik-kakak di usia remaja adalah hal biasa, apalagi perselisihan Nur dan Idris juga sering terlihat di tayangan daily show big brother dan bisa didamaikan oleh housemates. Lewat game perkenalan beberapa hari lalu justru akhirnya terkuak bahwa kehidupan keras di jalanan 2 anak remaja bersaudara ini membuat perselisihan yg ada diantara mereka bukan lagi perselisihan kecil anak2 biasa. kehidupan keras 2 remaja putus sekolah ini membuat pertengkaran kecil saja bisa saling mengancam nyawa. Jika bertengkar, sang kaka yg merasa lebih tua seringkali mengintimidasi dengan mengancam nyawa sang adik jika bertemu di jalanan. sang adik yg sering merasa minder seringkali sangat ketakutan dengan ancaman2 serius sang kakak.. baginya ancaman nyawa itu bukan main main. apalagi Nur tahu betul kehidupan Idris di jalanan yg berteman dgn orang2 keras. ketakutan yg terus dibawa Nur ke dasar hatinya.. sampai dlm game "mengenal lebih dekat" Nur sambil menangis berjanji utk tdk pernah memaafkan Idris yg selalu membuatnya ketakutan. Saat Ibu Yuni (orangtua Idris, Nur, Eman, dan Fitri) diberi kesempatan utk menyampaikan harapannya sang ibu pun berujar utk bisa melihat anak2nya hidup rukun. terutama bu Yuni tdk ingin Eman dan Fitri kelak mengikuti kebiasaan buruk kakaknya, Idris dan Nur yg jarang akur.

    lewat game yg lebih mirip dengan sharing ini akhirnya Idris tak kuasa untuk mengakui kesalahannya. sambil menangis idris meminta maaf kepada adiknya dan bersimpuh di kaki ibunya. keluarga kakek yusuf pun langsung saling memeluk dan melepaskan kelegaan karena satu masalah pelik dikeluarganya telah terselesaikan lewat sebuah kata indah pemersatu, MAAF.

    Dan akhirnya 2 minggu setelah deportasi Shinta ternyata tidak ada housemate yg di deportasi. Justru malah keluarga kakek Yusuf yg kini 'terdeportasi'. Tujuh anggota keluarga yg melalui kesederhanaannya telah mengajarkan banyak pelajaran hidup. Tentang kegigihan, kesabaran, keuletan, pantang menyerah, dan saling memaafkan. Masing2 mereka mengajarkannya dengan cara sendiri-sendiri, bukan cuma utk para housemates tapi juga pemirsa big brother Indonesia.

    Jadi siapa yg akan masuk grand final 3 besar BB INDO? dan siapa yg terdeportasi selanjutnya? tunggu 3 September 2011 dan ikuti polingnya di kiri atas blog ini =)

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Tas Lucu Unik Murah

Pengikut

 
========== ==========