=======
=== ===

::Pencarian Cepat::

Memuat...

Senin, 20 Desember 2010

Gonzales, Top Score AFF Suzuki Cup 2010!


Mustafa Habibi Gonzales, demikianlah namanya sejak dia memutuskan untuk memeluk Islam pada 9 Oktober 2003. Pemain asal uruguay yang sudah 7 tahun merumput di liga sepakbola Indonesia dan 4 kali berturut-turut menyabet gelar top skorer ini akhirnya resmi berbaju timnas merah putih dengan emblem garuda di dada kiri sejak 1 November 2010.

Tak sia-sia, keinginan kuatnya yang sudah beberapa tahun belakangan ini disampaikannya ke media untuk membela merah putih akhirnya direstui PSSI. Setelah lebih dari 6 tahun tidak pernah pulang ke tanah kelahirannya di Monteveido, Uruguay, akhirnya perjuangan 'El Loco' ini dianggap sudah pantas menjadi syarat dirinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), apalagi dia pun ternyata beristerikan seorang Indonesia (Eva Siregar) dan dikaruniai 2 orang anak yang juga WNI. Pria kelahiran 30 Agustus 1976 ini pun tidak menyia-nyiakan kesempatan, dirinya bersama pemain naturalisasi lainnya yang juga tandem Gonzales di lini depan, Irfan Bachdim, berhasil tampil gemilang bersama tim merah putih di ajang AFF Suzuki Cup 2010.

Pemilik rekor gol terbanyak dan top skorer berkali-kali liga Indonesia ini nampaknya sebentar lagi akan menambah koleksi trofi sepatu emasnya, dan meraih sepatu emas pertama dalam ajang internasional lewat prestasi sebagai top scorer di AFF Suzuki Cup 2010. Hingga 20 Desember 2010, gonzales sementara berada di pucuk pencetak gol terbanyak dalam ajang sepakbola paling bergengsi se-Asia Tenggara ini. Gonzales sendiri mencetak 3 gol dalam 3 laga yang berbeda. Gol pertama dalam debut ajang resminya bersama timnas Indonesia diperoleh dalam laga perdana penyisihan grup A saat Indonesia mengganyang malaysia 5-1. Gol keduanya ditorehkan pada Semifinal leg pertama saat Indonesia mengalahkan Filipina 1-0 di 'kandangnya'. Gol ketiga Christian Gonzales baru saja dicetaknya dalam laga kedua semifinal yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno senayan Jakarta pada 19 Desember Minggu malam, yang menjadi gol penentu kesuksesan Indonesia meraih tiket Final menghadapi malaysia pada 26 dan 29 Desember 2010 nanti.

Masih adanya 2 laga sisa di final AFF Cup 2010 berarti pula masih ada kesempatan bagi pemain senior berusia 34 tahun ini untuk menambah pundi-pundi golnya lewat ketajaman kaki dan kepalanya yang justru semakin terasah sejak punggawa Persib Bandung ini dilatih oleh Alfred Riedl di timnas Indonesia. Posisi top skorer AFF 2010 sendiri sebetulnya masih dapat dikejar oleh banyak orang, karena skor terdekat yang mencetak 2 gol diraih oleh 14 pemain lainnya dari 6 negara. Masing masing Thailand (Sarayoot C), Vietnam (AD Nguyen, TH Nguyen, VP Nguyen), malaysia (M. Amri, N. Idlan), Filipina (C. Greatwich), dan 5 orang sesama seragam merah putih yaitu Firman Utina, Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, M. Ridwan, dan Arif Suyono yang kesemuanya mencetak 2 gol. Rival paling dekatnya yang mungkin bisa meraih topskor yang jelas hanya antara pemain Indonesia dan Malaysia, berarti bakal diperebutkan 6 pemain Indonesia dan 2 pemain Malaysia.

Jika ke-6 pemain Indonesia yang bakal bermain di laga Final nanti mengerti akan posisi Gonzales yang berpeluang mendapat sepatu emas, maka kemungkinan setiap kesempatan mencetak gol akan diarahkan kepada Gonzales. Tapi tentunya Indonesia mesti berhati-hati, karena mengandalkan 1 pemain untuk mencetak gol bukan merupakan pilihan yang baik dalam taktik sepakbola. Apalagi jika dilihat dari torehan gol sementara, nampakan coach Alfred Riedl lebih menyukai kerjasama tim yang membuat banyak gol yang dilahirkan Indonesia merupakan hasil kerja dan taktik tim yang tidak bertumpu pada seorang striker semata.


Bravo Gonzales,, jalan menuju Top Skor masih ada,, semoga terus memberikan permainan-permainan cantik untuk kebanggan Indonesia! =)
dan sebentar lagi, dia akan meraih gelar pertamanya di ajang internasional, Gonzales, Top Skor AFF Suzuki Cup 2010.


pic: affsuzukicup.com


1 komentar:

  1. oke lah Indonesia jayalah selalu demi negeri Indonesia ini ...bravo indonesia ...

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Tas Lucu Unik Murah

Pengikut

 
========== ==========