=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Jumat, 12 April 2024

Tren Imam Tarawih dengan Ayat Panjang

Belakangan ini saya rasakan terutama pada Ramadhan tahun 1445 Hijriyah tahun ini bahwa tren penggunaan jasa imam tarawih dengan bacaan surat surat panjang nampak sedang meningkat. Terbukti di masjid tempat tinggal orangtua saya di Bandung, spesial tahun ini mendatangkan imam muda dari masjid salman ITB untuk mengisi malam malam tarawih. Sehingga surat yg dibaca saat salat tarawih bukan lagi surat pendek yg diambil dari juz 30 seperti tahun2 sebelumnya, melainkan ayat2 lain yg mungkin kebanyakan jamaah belum hafal. Namun dibacakan dengan suara dan lantunan yg dianggap merdu. 

Tidak hanya di bandung, di kota domisili saya Tangerang Selatan pun ditemui sampel yg demikian. Ada 2 masjid yang saya pernah ikut tarawih di dalamnya yg satu masjid yg cukup besar dipinggir jalan raya, dan satu lagi masjid komplek. Keduanya kompak untuk mengisi malam malam tarawih dengan surat surat panjang. Merdu sih mendengarnya, tapi mungkin akan membosankan buat anak2 karena ayatnya yg selalu berganti dan tidak mudah dihafal. 

Hal ini tentu berbeda dari yg saya rasakan sejak kecil tarawih dari masa ke masa. Semenjak kecil bagi saya tarawih ini menjadi momen mengenal surat2 pendek yg ada di juz 30. Karena solatnya bisa mulai dari 11 rokaat hingga 23 rokaat. Maka, selama 23 rokaat itu tentunya kami para jamaah akan diperdengarkan oleh imam bacaan surat-surat pendek yg ada di juz 30. Dan ini terus berulang selama 30 malam. Kami mengulang mendengar minimal 11 surat pendek yg diulang selama 30 hari. Maka akan besar kemungkinan surat2 pendek ini nempel di otak kami para jamaah anak2 maupun orgtua. Sejak kecil dari tahun ke tahun hingga beranjak menua sekarang sy cukup merasakan bagaimana dampak ayat yg diulang ini terhadap hafalan surat2 pendek saya. Heheum

Lalu bagaimana pendapatmu? Apakah tren imam dengan surat2 panjang yg saya bahas diatas akan merusak kebiasaan hafalan anak2 anak akan surat pendek di juz 30 dlm al Quran. Saya sih agak mengkhawatirkannya.. Bagaimana pendapat anda? Silakan berbagi di kolom komentar 😇🙏


========================================= ~written by *cupZ* from RS Al Islam Bdg with love...~ =fb=komen=
==========FB=KOMEN=
Comments
0 Comments
===========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========