=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Kamis, 15 September 2022

Bermasker Tapi Tak Bermasker

Halo dunia blog, akhirnya saya punya sedikit energi untuk iseng nulis lagi disini. Mudah2an bisa sekedar melepas penat dan unek-unek ya. Heheum


Okey tiba-tiba saja terlintas di benak saya tentang apa yang menjadi judul tulisan ini. Yup, sebetulnya memang saya ingin menulis tentang kebiasaan kita manusia yang memang tempatnya salah dan lupa. Apakah itu? Ya rupanya ternyata kita ini seringkali melakukan sesuatu yg unfaedah. Haha. Begini ceritanya:

Belakangan ini kan mau tak mau sebetulnya saya rasa orang Indonesia sudah hampir lupa pernah adanya wabah mematikan yg memakan banyak korban jiwa bernama pandemi covid. Iya gak sih? Coba lihat orang diluar sana sekarang sudah berani-betaninya mereka beraktivitas tanpa masker. Termasuk saya juga (kadang2 kalo lagi khilaf). Kerumunan sudah kembali bergeliat, konser, pasar, mall. Salaman jabat tangan yg dulu dihindari sekarang sudah makin akrab saling menempel dan kadang berpelukan (kyk teletabis). Peduli lindungi yang dulu wajib scan dimanapun kita mendatangi tempat umum skrg hanya cuma pajangan barcode scanner yg warnanya mulai usang. Belum lagi pak security pemegang termo-gun yang juga agak malas menembakan termometer ke jidat pengunjung.

Sebetulnya jika memang sudah beneran aman, pemerintah tinggal cabut kewajiban memakai masker. Selesai. Namun kan ternyata rupanya kemarin juga sempat boleh tanpa masker di ruang terbuka, namun sekarang wajib masker lagi dan belum ada perubahan aturan lagi sejak saat itu (sampai saya menulis ini). 

Nah itulah sebabnya saya mengangkat judul bermasker tapi tak bermasker ini. Bagaimana tidak, sekarang orang hanya bermasker sekedar menjalankan kewajiban. Okey pemerintah menyuruh bermasker, tapi nafas saya pengap jika hidung dan mulut yg ditutup masker. Akhirnya terjadi peralihan fungsi dimana sekarang masker digunakan sebagai penutup dagu, mungkin juga penyembunyi janggut. Kadang saya juga yg lagi males cukuran membiarkan kumis dan brewok saya tumbuh tanpa dirapihkan. Biarin aja kan ketutup masker. Hahay. Ada juga yang pakai masker karena belum sempat dandan 💄💋👑 dan lupa pakai lipstik. Nah loh! 

Akhirnya jadi mirip berkacamata tapi tak berkacamata. Yah itu tuh.. Seperti orang yg pake kacamata katanya untuk membuat matanya yg minus jd bisa melihat normal, tapi kacanya diturunkan disimpan di hidung, mungkin karena capek juga katanya agak pusing efek pakai kacamata itu bagi beberapa orang. Belum lagi yg nyimpan kacamatanya diatas kepala.. Lah memangnya rambut kita punya mata 👀? Eh. Ga lama dia panik kesana kemari nyari dimana kacamata saya??? Heheheu. Sepertinya ga lama lagi jg akan banyak orang panik nyari dimana masker saya? Padahal nempel di dagu. Ada pula rekan saya yg menjadikan masker sebagai penutup mata saat dia tidur siang di masjid kantor. Wkwkwk... 

Ya begitulah manusia. Memang lucu dan iseng. Tapi ada baiknya kita menggunakan atau melakukan sesuatu itu harus sesuai fungsinya. Jangan cuma buat gaya atau sekedar menunaikan kewajiban. Misalnya ya itu tadi pakai masker sekedar karena diwajibkan pemerintah. Sekedar tempel di dagu atau leher. Jadinya ga sesuai esensi dan manfaatnya. Kuman virus bakteri tetap bisa dengan bebas masuk hidung dan mulut kita donk kalau begitu. Padahal tujuan bermasker kan menghindari itu. 

Ngomong-ngomong kewajiban. Saya jadi ingat solat saya yang kadang juga berasa cuma sekedar menuntaskan kewajiban tanpa saya ingat esensinya. Sekedar solat, komat kamit tapi lupa, hati tak merasa, tak paham saya meminta apa tadi kepada Tuhan,  selesai bubar, dan kembali ke dunia nyata tanpa ingat bahwa solat harusnya mencegah perbuatan keji dan mungkar. Ah dasar manusia tempatnya salah dan lupa. Ya Allah ampuni solat-sholat saya yang sering melupakan kehadiranmu. Semoga mulai sekarang saya bisa menjalankan sholat yg tak sekedar kewajiban, sholat khusyuk, yang menjadi  dialog hamba dengan Tuhan-nya, dengan Dia sang Maha Esa. Solat yg menguatkan saya ketika lemah. Yang memberi saya semangat selepas lelah. 

Bismillah... Adzan Ashar berkumandang diluar sana.. Mudah2an kali ini sholat saya lebih baik dari sebelumnya. 









========================================= ~written by *cupZ* from bdg with love...~ =fb=komen=
==========FB=KOMEN=
Comments
0 Comments
===========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========