=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Minggu, 23 Juni 2019

Menjadi Pembeli Yang Tidak Ikhlas

ilustrasi
pembeli: "ini berapaan pak?"
Penjual: "Oh itu keripik ubi 10 ribu, cep"
Pembeli: "kalau ini keripik singkongnya, sama 10 ribu juga?"
Penjual: "E,, iyah sama 10 ribu"
Selangkah kaki kemudian si pedagang nampak jumawa mendapat harga yg lebih tinggi dari biasanya. Sekilas pembeli menoleh dan melihat penjual nyengir sambil terkikih. Ia menceritakan hal itu kepada seorang ibu didekatnya. Sayup si pembeli  mendengar pembicaraan itu.

Lima menit sebelumnya seorang pria muda bertalenta* melihat iba seorang bapak tua yang memanggul dagangannya keliling kampung. Sejenak ia berhasrat untuk membeli dagangan pak tua itu, apapun barang dagangannya pemuda ini berniat membayarnya lebih.

Bergegas si pemuda mengejar kemana kira-kira arah bapak ini mengasongkan dagangannya, dari gang satu ke gang lainnya. Akhirnya ketemu! Dan terjadilah transaksi pada awal cerita diatas.

Si pemuda pun pulang dangan rasa tak ikhlas, merasa tertipu, padahal sebelumnya ia ingin membayar lebih supaya bisa menyenangkan hati pak tua, walau cuma sekian ribu perak.

Namun  rupanya sikap pak tua yang ingin sedikit dibahagiakannya itu malah bertolak. Ia seperti menjelek-jelekkan si pemuda di depan orang lain, karena dianggap nggak bisa menawar barang,  dikasih harga segitu mau saja gak pake nawar.

Nilai yang dapat diambil:
1. Kalau mau memberi, ikhlas ya ikhlas saja. Tidak usah mengharap imbalan perlakuan yang baik dari orang yang kita 'baiki'. Eh 'baikan'. Bukan-bukan, 'perbaikan'! Duh ga enak juga bahasanya, yah apapun deh. Tapi tau kan maksudnya...
2. Bukan sepenuhnya salah penjual ketika pembeli ternyata menawar harga lebih tinggi dari harga yang biasanya ia jual. Toh jual beli tetap sah selama ada akad setuju dari kedua pihak.
3. Kalau ngomongin orang, pastikan orangnya tidak ada di dekat kita! Demi menjaga hati dan perasaan orang lain. Nah loh, siapa yg pernah ngmongin orang ternyata sekonyong-konyong yg di omongin ada di dekat kita. Hihi


notes: *) maaf lebayisasi, karena pemuda itu sesungguhnya adalah AKU. Heheu





=========================================
~written by *cupZ* from bdg with love...~ =fb=komen=

2 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  2. Masya Allah.. Tabarakallah...

    kuyyy napak tilas lg aysay,, with 2 jagoan.. ngebaso solo lg pk bihun.. swimming2 :D :*

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========