=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Kamis, 11 Oktober 2018

SEJATINYA, SEPAKBOLA ADALAH HIBURAN!

Ini merupakan tulisan yang saya buat sehari setelah kemenangan bersejarah Persib atas Persija 23 September 2018 lalu. Pengennya terbit di media bobotoh ternama, tapi ga lulus sensor kali yah :D. Intinya, Semoga kalian setuju dgn pesan yg saya maksud. Check this out!


:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
SEPAKBOLA HARUSNYA ADALAH HIBURAN!

Puas! puas sekali Minggu ini, 23 September 2018. loncat-loncat jingkrak-jingkrak (tapi gapake guling-guling) saya gembira luar biasa menyambut kemenangan Persib Bandung 3-2 atas Persija Jakarta. Gol ketiga Persib dari kepala Bojan Malisic benar-benar menjadi puncak kenikmatan tiada tara... Betul-betul klimaks yang menyenangkan menutup pertandingan pada menit 90 +3 dengan kemenangan yang nyaris gagal diraih.

Bagaimana tidak, kemenangan persib adalah hal mahal yang dirindukan sejak 5 tahun lalu. Dua puluh menit pertama kedua tim malah seperti bermain silat di lapangan sepakbola sehingga tidak berasa bermain sepakbola pro. Maklum mungkin karena ini laga klasik yang tidak hanya menegangkan buat bobotoh anu lalajo, tapi juga buat para pemain di lapangan. Sehingga tensi tinggi itu terkonversi menjadi energi berlebih yang terbalut emosi. Skor 2-2 hingga menit ke-90 tentu hampir mengecewakan kami bobotoh yg rindu menambah jumlah keperkasaan persib atas persija.

Tidak butuh waktu lama, jempol sayapun refleks meng-update status: "enak tidur, nikmat makan, semangat kerja, semua karena persib!"

Still here, Gomez!
Ya, begitulah sejatinya manfaat sepakbola untuk rakyat kecil seperti kami. ialah hiburan bagi kami! ialah pelipur duka lara dikala melanda. Karena persib, seringkali sakit kepala saya sembuh seketika. Karena persib, sejenak saya lupakan hutang piutang. Karena persib, kadang (kadang loh) saya lupa anak istri. Itu semua terjadi kalau persib menang. Tapi taukah aranjeun apa yg terjadi jika sebaliknya yg terjadi? tiba-tiba saja kepala jadi senut-senut, gak nyenyak tidur, males buka sosmed, males baca berita persib, males diajak ngomong apapun, asa hayang sare tapi teu bisa. ceuk pamajikan saya mah nu kieu teh siga kalakuan awewe keur PMS (Pre Menstruasy Syndrome). wkwkwk sy baru nyadar.. ternyata bobotoh pria jg bisa merasakan PMS. hanya karena persib eleh :'). so sad!

Yup mungkin itulah akibat dari fanatisme. tapi saya kira fanatis itu perlu, dan jangan pula ditiadakan samasekali. Jangan dibenci mentah-mentah. Entah itu fanatik terhadap klub sepakbola, terhadap agama, terhadap bangsa. Fanatis adalah bukti kecintaan seseorang atas apa yang dimilikinya. Yang tidak boleh adalah fanatik sempit, istilah ini sy temui di buku PMP (Pendidikan Moral Pancasila) kala di bangku SMA dulu. Fanatik sempit itu terjadi karena kecintaan diluar batas orang waras, yang karena  cintanya akan sesuatu malah jd benci sekali kepada sesuatu yg berlawanan, dengan kecintaannya dia akan sangat membenci lawan sehingga menganggap halal apa yang haram, ia lupa norma, ia lupa hukum, lupa diri siga jelema belegug weh kalakuanana. misal, karena cintanya pada sang istri lalu seorang suami mengajak gelut tukang sayur langganan, hanya karena tiap hari ketemu istrinya. cik atuh mikir, nu kitu2 wae meni kudu jd ribut. tah... fanatik sempit inilah yang seharusnya dilarang berdiri sejengkal pun di negeri ini. cinta sih cinta, tp sing wajar wae lur.

Punten, seperti pada slogan "Persib Atao Mati". Mangga saja buat mereka yg suka dgn slogan itu. Tapi saya pribadi nggak pernah bercita-cita mati hanya karena persib. Misal, gara2 cinta saya pada persib, lalu saya sekonyong2 datang ke markas persija utk nonton bigmatch persija-persib. padahal aparat keamanan dgn berbagai pertimbangan sudah melarang pendukung persib utk nonton langsung ke lapangan. Mati konyol itu namanya. Masih lebih terhormat org yg mati membela bangsanya, pejuang kemerdekaan, atau mereka di palestina yg syahid membela agama dan tanah airnya. secinta-cintanya saya pada persib, rasanya normal kalau saya msh lebih cinta pada keluarga, agama dan bangsa. heheu

Kembali ke euphoria malam tadi, sekejap nafas saya tiba2 berhenti ketika membaca broadcast grup WA. Bahwasanya diberitakan ada korban jiwa, pemuda asal Cengkareng, Jakarta Barat yg dilaporkan dikeroyok massa di parkiran GBLA.

Kontan berita ini mengusik sukacita saya merayakan kemenangan persib. Kabar ini mengganjal hati yg sedang gembira. bukankah sepakbola harusnya hanya sekedar hiburan??? bukankah sejatinya sepakbola memberi bahagia? kadang kalah kadang menang, kadang senang kadang sedih, tapi itu semua memang bagian dari dinamika. seperti menonton film, harus ada naik turun alurnya supaya klimaksnya dapat. bahagia tidak seharusnya membawa korban jiwa. kebahagiaan yang kita dapat sama sekali tidak boleh menyakiti orang lain. Maka akhirnya kemenangan semalam ternodai oleh kelakuan brutal sejumlah (kalau masih boleh dibilang) manusia kalap penganut fanatisme sempit!

RIP untuk saudaraku Haringga Sirla. Dukacita mendalam atas nyawa yang hilang hanya karena rivalitas. Semoga engkau tenang disana. Saya kira biarlah hanya Rangga Cipta Nugraha yang pertama dan terakhir menjadi pelajaran bagi kita, untuk menjaga rivalitas hanya dlm olahraga di lapangan, bukan untuk dibawa2 ke medan tempur. Tapi hingga Ricko Andrean wafat, bobotoh korban salah sasaran 2017 lalu, rupanya kita tidak juga sama-sama belajar. mengapa harus bertambah lagi? sudahlah hentikan...

Biar hiburan ini dinikmati semua. Beda kesukaan tak seharusnya bertumbal nyawa. kesukaan cuma duniawi, ada lebih banyak urusan kehidupan yg harus kita semua selesaikan didepan sana, bahkan sebetulnya jauh dari semua keduniaan, urusan akhirat itu lebih penting lur, bagaimana setiap tingkah laku kita kelak harus bisa dipertanggungjwabkan didepan sang pencipta.

Mari usir lenyap berantas habis kesombongan dan fanatik sempit dari tanah sunda, dari bumi Indonesia tercinta!!!


=========================================
~written by *cupZ* from bdg with love...~
=fb=komen=
==========FB=KOMEN=
Comments
0 Comments
===========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========