=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Senin, 13 Agustus 2012

MENUKAR UANG KECIL DI DRIVE THRU


Sudah jadi kebiasaan yang hampir 'wajib' di Indonesia, jika pada saat lebaran nanti biasanya anak-anak kecil di sekitar kita menagih 'Uang THR' entah itu adik, sepupu, atau bahkan anak dan keponakan kita. Walaupun belum pada kerja, tapi anak-anak ini biasanya tau bahwa orangtuanya, paman-bibi, bahkan kakaknya yang sudah bekerja tentu dapat duit THR dan akan membagi-bagikannya buat mereka :D.

Dua lebaran ke belakang biasanya saya cari uang baru untuk bagi-bagi 'THR' ke anak-anak, di bank swasta yang memasang spanduk instruksi BI tentang pemberitahuan penerimaan penukaran uang kecil. Ternyata tahun ini sampai pertengahan Ramadhan saya tidak mendapati spanduk semacam itu tertempel lagi di bank tempat saya biasanya menukarkan uang baru tahun lalu. Berbekal informasi dari teller bank, kabarnya sekarang di Bandung penukaran uang kecil baru, bisa langsung di lakukan langsung di Bank Indonesia dengan sistem Drive Thru. Wew! ternyata sekarang drive thru nggak cuma untuk pesan makanan cepat saji dan juga perpanjangan STNK. Kali ini Bank Indonesia menyajikannya untuk penukaran uang kecil, unik juga!

Banner penukaran uang kecil di Bank Indonesia (BI)
Karena lokasi bank tersebut yang tidak jauh dari BI, saya pun melanjutkan perjalanan motor menuju bank Indonesia, dan disanalah saya mendapati semacam baligo, spanduk, dan banner pengumuman penukaran uang kecil di Bank Indonesia. Saya datang ke drive thru sekitar pukul 2 siang, dan antrian tidak terlihat panjang, ada 2 baris antrian masing-masing untuk mobil dan motor. Tak ketinggalan petugas polisi berseragam juga ikut berjaga di loket penukaran. Walaupun sebetulnya belum memperhitungkan betul-betul kebutuhan bagi-bagi uang untuk lebaran nanti, tapi sekedar untuk mencoba saya pun memberanikan diri ke halaman parkir BI. Nggak begitu lama mengantri mba petugas berseragam putih hitam pun menghampiri motor-motor yang mengantri dan menanyakan pecahan uang kecil yang diminta sambil menuliskannya dalam kolom kertas kecil. Dari petugas ini saya dapat informasi bahwa Setelah selesai menjumlahkannya kertas tersebut diserahkan pada para pengantri untuk diserahkan pada petugas di loket nanti. Sistemnya cepat, pelayanannya cukup ramah, dan uang kecil pun deberikan sesuai permintaan :).

petugas BI siap melayani
petugas berseragam pun ikut berjaga
Karena kebutuhan uang kecil yang ternyata kurang dan pengalaman penukaran uang yang mudah, saya pun akhirnya kembali menjajal pelayanan drive thru di Bank Indonesia Bandung beberapa hari lalu. Namun kali ini antrian terlihat lebih panjang, mungkin karena makin banyak yang tau dengan pelayanan BI ini. Saya pun mencoba menukar langsung ke kantor penukaran di lantai 2, ternyata antrian disana jauh lebih panjang dari antrian di drive thru. Dengan balik kanan saya pun kembali ke drive thru sambil menaiki motor andalan. Ternyata kali ini antriannya lebih panjang, dan pelayanan petugasnya agak berkurang dibanding waktu saya menukar seminggu sebelumnya. Tak ada lagi petugas berseragam putih yg membantu para pengantri sambil tersenyum, bahkan uang yang ditukar pun tak lagi sesuai permintaan, tapi tergantung stok yang ada di loket. saya yang butuh uang pecahan 5000an jadi dapet 2000an banyak. Mmmh... begini deh kalau sudah mulai rame membludak, kualitas pelayanannya juga jadi tak seindah dulu :(

*apa mungkin saya aja yang apes dapet petugas loket yang lagi sakit gigi ya,, hehe








=========================================
~written by *cupZ*, dalam sebuah antrian panjang, from bdg with love...~ =fb=komen=

2 komentar:

  1. ya harus sabar sob, yang penting adik atau sepupu di kasih THR hehehe....

    BalasHapus
  2. Wah, asik nih... tapi sepertinya di Jakarta ga ada...

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========