=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Sabtu, 05 Mei 2012

Nasi Lengko Cirebon... Yummy!

Ada yang pernah denger "Nasi Lengko"?
Nasi lengko adalah penganan khas dari bagian timur provinsi Jawa Barat. Yup dari Cirebon tepatnya. Walaupun bukan kota yang terkenal dengan kulinernya seperti di Bandung, tapi beberapa makanan khas disana patut diacungi jempol juga lho.

nasi lengko khas cirebon
Pertama kali saya kenal nasi lengko justru dari kaka Ipar saya, seorang Cirebon asli. Di suatu pagi awal-awal punya kaka Ipar, ternyata dia memilih mendekatkan diri dengan cara memasak untuk kami adik-adik barunya :D. Dan Nasi Lengko lah yang jadi pilihannya untuk memulai merekatkan kekeluargaan diantara kita. Hihi.

Gimana sih bentuknya Nasi Lengko? Mau tau? Bener mau tau? kita lanjutkan setelah pesan-pesan berikut ini...
Jama'aah... Oh Jama'ah....

Ups,, maaf keterusan jadi niru ustad Maulana-nya trans tv. hihi. Mari kita kembali ke jalan yang benar. Nasi lengko ini sebetulnya mirip dengan makanan khas madiun, Sego Pecel, alias nasi pecel. Intinya sama, sebuah panganan dari nasi yang disiram dengan bumbu kacang khas pecel. Kalau pada nasi pecel yang jadi temannya nasi adalah telur dadar, tempe orek, daun singkong, daun kemangi, dan pastinya ditemani peyek (entah iwak peyek ataupun rempeyek kacang), maka berbeda dengan Nasi Lengko. Lengko biasanya berisi potongan tahu dan tempe khas cirebon yg dipotong besar, sayurannya pun bukan daun-daunan melainkan mentimun dan toge (taoge), setelah itu baru disiram dengan bumbu kacang yang jadi penyedapnya, tak lupa kecap dan sambal ulek secukupnya. Hmm... Yummy...

beli nasi lengko di kampoeng cerbonan, Bandung
Beberapa hari lalu saya yang berdomisili di Bandung tiba-tiba ngidam nasi lengko untuk jadi teman makan siang. (Haah ngidam? hamil aja kaga,, lha wong saya cowo sejati :P). Akhirnya ditengah pencarian, bertemulah saya dengan sebuah kedai Kampoeng Cerbonan di kawasan Cibogo, Bandung. Dan sekotak nasi lengko berhasil saya bungkus untuk dimakan di tempat kerja. Alhamdulillah sebuah kerinduan pada kota cirebon berhasil terobati dengan sekotak nasi lengko. Walaupun rasanya tetap tak bisa mengalahkan rasa makan aslinya di kota udang sana tapi saya tetap menikmatinya. Sebagai perbandingan, di kediaman kakak saya di cirebon saya bisa beli sebungkus nasi lengko untuk sarapan seharga Rp. 5.000,- sedangkan beberapa hari lalu saya beli sebungkus nasi lengko di kedai cerbonan di kota bandung dengan banderol Rp. 16.000 ga pake nawar :P. Jauh memang harganya, apalagi saya makan nasi lengko ditemani sepotong kerupuk mie yang bagi kantong saya harganya kurang murah Rp. 4.000,-. Tapi demi mengurangi konser keroncong dari cacing-cacing di perut, semuanya berhasil saya lahap habis, dan harus saya syukuri! :)

walaupun kemahalan akhirnya nasi lengko ini habis juga! (demi kemanusiaan, juga demi mencegah kelaparan :P)

"Alhamdulillahillazi ath'amanaa watsaqanaa waja'alanaa minal muslimin" 
Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, dan telah menjadikan kami dari golongan orang-orang yang menyerahkan diri (Muslim)





=========================================
 ~written by *cupZ* from bdg with love... ditulis sambil menunggu... bersiap menuju KUA dalam rangka panggilan pembinaan dengan calon istri :D :D :D~ =fb=komen=

1 komentar:

  1. pret banget euy harga kafe mah... padahal harga normal 5rebu, bisa jadi 16ribu gitu...


    visback ya..
    http://andretauladan.blogspot.com/2012/05/penjara-hanya-untuk-orang-miskin.html

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========