=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Kamis, 20 Oktober 2011

KASURA

Ketika mengetikkan kata "KASURA" pada kolom search engine google maka dalam 0.21 detik saya menemukan 253.000 hasil pencarian yang mengandung kata tersebut. Tapi dari 10 hasil pencarian yang muncul di halaman pertama justru saya tidak menemukan 1 pun hal yang ingin saya tuju dari mengetikkan kata tersebut. Mbah Google malah menyarankan saya untuk mencari kata "SAKURA".

Kasura yang saya cari sebetulnya adalah sebuah kosa kata bahasa sunda (basa sunda) yang memang jarang dikenal secara luas, apalagi hanya oleh seekor robot pencari buatan orang barat. Jangankan google,, mungkin jika saya tanya satu persatu kepada anak muda Bandung yang bersuku Sunda pun belum tentu mereka tahu artinya. Akhirnya lewat sebuah situs kamus bahasa sunda online saya berhasil menemukan artinya!


Berdasarkan kamus tersebut, KASURA artinya "Tertusuk benda kecil pada kulit ari". Yup,, kata unik bahasa Sunda ini memang sulit dicari padanan katanya dalam bahasa Indonesia.
Lalu kenapa postingan saya kali ini berbicara tentang Kasura?
begini ceritanya,,

Setibanya di rumah petang kemarin Ibu saya ternyata sedang sedikit meringis sambil memegangi telapak tangan kanannya. Ketika ditanya kenapa Ibu saya menjawab singkat, "Kasura". Otak saya langsung berusaha mencerna sebuah kata asing yang baru saja diantarkan saraf pendengaran dari kuping menuju otak bagian penerjemah bahasa. Saya masih loading. Rupanya ibu menunjukkan telapak tangan kanannya yang nampak kemerah-merahan disertai sebuah titik benda asing hitam kecil memanjang yang terlihat di dalamnya. Saya baru ngeh bahwa sebuah serat kayu tipis nampak masuk kedalam kulit ari ibu. Saya pernah beberapa kali mengalami itu, satu yang paling diingat adalah ketika KASURA sukses membuat saya tidak konsen hingga ulangan harian saya di kelas 5 SD mendapat nilai terburuk dalam sejarah, 2!!

Ibu bilang kasuranya ini sudah dialami dari sore sepulangnya mengajar. Ketika mendorong sebuah meja diruang kelas tempatnya mengajar,, rupanya ada serat kayu kecil yang menelusup kedalam kulit arinya. Semakin dicoba dikeluarkan serat kayu kecil itu justru makin kedalam. Sudah dicoba dengan gunting kuku,bahkan hingga menggosokan bawang putih, namun tidak juga keluar. Bahkan sampai muncul benjolan kecil berisi cairan dan sedikit berdarah. Karena makin sulit untuk mengeluarkan benda asing itu,, bahkan setelah coba dibantu seluruh keluarga,, akhirnya bapak menyarankan ibu untuk ke dokter karena khawatir jika benda asing kecil itu bisa membahayakan.

Ibu akhirnya ditangani dokter umum di klinik terdekat,, dokter menanganinya dengan 'operasi kecil'. Sebuah benda asing yang hampir 6 jam,, sedari sore 'bersemayam' di telapak tangan Ibu saya akhirnya berhasil di keluarkan dengan bantuan Dokter! dan menghabiskan ongkos dokter lebih dari 100 ribu! Hoalah!! Jarang-jarang juga kali dokter umum menangani kasus KASURA seperti ini. Kebanyakan Kasura bisa disembuhkan sendiri oleh 'korbannya' walaupun harus meringis berperih-perih. Tapi yg terjadi pada ibuku kemarin si serat kayunya justru semakin kedalam. Sesampainya dirumah pasca operasi kecil itu ibu menyampaikan sesuatu,,

"Duh,, betapa nggak berdayanya ternyata sesosok manusia itu. Bahkan ketika Tuhan mengujinya hanya dengan SECUIL serat kayu yang nyempil di kulit ari. Manusia akhirnya mengeluh, meringis, kehilangan konsentrasi untuk beraktifitas. Betapa kita ternyata harus pandai-pandai bersyukur di saat sehat. Ternyata manusia itu lemah walaupun cuma diberi cobaan serat kayu yg kecil,, tidak memiliki daya dan kekuatan kecuali dari Allah. Laa haula wa laa quwwata illa billaah!"


Betul kata Ibu, ternyata manusia itu LEMAH tanpa kekuatan dari sang Maha Kuat. Dan bahkan untuk mengatasi serat kayu yang kecil itu pun bisa harus sampai mengeluarkan uang ratusan ribu. Yuk ah,, mari kita pandai-pandai mensyukuri nikmat Allah dan meminta perlindungan kekuatan-Nya,, sebelum nikmat itu dicabut,, dan menjadi cobaan =)

=========================================
~written by *cupZ* from bdg with love...~ =fb=komen=
==========FB=KOMEN=
Comments
0 Comments
===========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========