=FB=LAMA===== ==HAPUS= ===

::Pencarian Cepat::

Minggu, 22 April 2018

Sakit Dada ke Punggung Hingga Susah Bernafas part 1 (Okt 2017)


Sekira bulan oktober tahun lalu saya tiba-tiba saja sering terbangun tengah malam dgn keluhan rasa sakit menusuk di punggung belakang sebelah kiri. Jika sdh begitu saya akan terbangun mendadak dan mencari balsem utk memanaskan bagian yg sakit. Biasanya saya jg minum air hangat agak lebih panas sehingga tak lama keluar sendawa dan akhirnya bisa tidur lagi hingga pagi.

sakitnya tuh disini


Anehnya kejadian ini berulang dlm beberapa hari sehingga membuat saya ga nyaman tidur malam. kadang rasa sakitnya berasa di dada kiri dekat ulu hati hingga menjalar ke punggung belakang. Awalnya saya kira cuma masuk angin, sehingga cukup dikasih balsem geliga plus air panas. Hasil searching dan googling malah mengerikan bikin saya jd banyak baca artikel tentang angin duduk yg katanya tak sedikit menelan korban. ngeri.

Setelah konsul ke dokter kantor, malah diketawain, ga ada istilah angin duduk dlm kedokteran ktnya. ternyata saya didiagnosa mag akut atau bisa jadi kearah G.E.R.D. Weleh apa itu mag akut, apa itu GERD? sekedar penyakit mag yg byk iklannya di tv aja saya blm pernah merasakan. setidaknya blm pernah periksa ke dokter sebelumnya dan ga tau spti apa rasanya sakit mag itu. Dokter bilang mag dipicu oleh asam lambung yg meningkat, selain krna makanan seringkali juga terjadi pd org yg sedang stress dan byk beban pikiran. Waduh dok, saya bilang, saya bahagia-bahagia aja menjalani hidup ini. heheu.. keluarga sehat alhamdulillah ga ada yg bikin stress. pas dokter nanya kerjaan baru deh saya mikir, iya juga kali ya *tepokjidat*.

apa itu GERD?
Dari situ saya dikasi obat mag, diminum sebelum makan. ada vitamin juga krna ktnya saya agak lesu. beberapa minggu setelah itu ternyata kambuh lagi, kali ini badan sampe lemes, agak meriang dan saya gabisa kerja. walhasil dalam seminggu saya bolong2 kerjanya, krn ijin sakit.

Sebulan kemudian sekira November 2017 saya demam tinggi. dibawa ke dokter klinik dan periksa lab. hasil lab menunjukkan widal saya bermasalah dan positif gejala tipes. dikasih obat tipes, antibiotik dsb. bedrest lah saya dirumah. dari situ selain jd demam sebenernya yg dirasa masih sama ada sakit di dada kiri yg menjalar ke punggung. kali ini bikin susah tarik nafas, baru nafas sedikit udh sakit. skrg ditambah dgn batuk jika tarik nafas terlalu dalam.

ketika obat hampir habis, suatu hari demam saya meninggi hingga dibawa ke UGD tengah malem. karena ditanya bpjs, saya bilang punya bpjs, lumayan siapa tau bisa dirawat gratis (eh ga gratis denk, wong saya udh 11 taun bayar iuran bpjs sejak dulu namanya masih askes). lagi2 cek darah, hasilnya widal saya udh lbh baik dr hasil lab pertama. Saya yg minta dirawat inap saat itu karena demam, lemes banget dan bilang sm dokter IGD bahwa berat badan saya udh turun 6 kg cuma disambut nyengir sang dokter. Istirahat aja dirumah bentar lg jg sembuh. lagian utk pasien bpjs kondisi seperti ini ga bisa dirawat inap. gt katanya. Busyet, dikiranya saya ga bayar gt jd pasien bpjs! saya 11 taun bayar iuran loooh.... full sekeluarga. blm pernah dipake! giliran butuh susah dpt pelayanan nya -_-. payah...

Pulang dr IGD rumah sakit bergengsi tsb saya msh hrs bedrest 2 minggu hingga akhirnya maksain beraktifitas kembali. kembali ngantor bikin temen2 saya pangling, perut sy yg dulu agak buncit kini menghilang rata. semua nampak melihat saya dgn tatapan kasihan. begitu jg dgn saudara2 saya pas ada kumpul keluarga. heu ternyata BB saya merosot lebih dr 10kg. Seandainya dulu di rawat inap mgkn ga akan gini2 amat. tapi kan saya pake bpjs, tapi ah, yasudahlah.

Perlahan kondisi berangsur pulih dibantu obat cacing, kunyit, bawang tunggal dan berbagai obat herbal yg kt orang bisa cepet menyembuhkan. saya kembali beraktifitas walau byk org bilang sy msh keliatan pucat. entah dari obat yg mana yg paling berkhasiat akhirnya sy pun kembali beraktifitas lagi spt sebelumnya dan perlahan berat badan mulai normal walau tdk segemuk dulu. gpp deh itung2 diet. saya syukuri sakit kemarin sebagai introspeksi atas kesalahan-kesalahan yg saya tidak luput darinya.

tobe continued....
 part 2 (kumat lagi April 2018)

=fb=komen=

1 komentar:

  1. sama saya ngalamin hal ini. keringetan sakit tengah malrm. hrs gmn, apa obatnya?

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Pengikut

 
========== ==========