=======
=== ===

::Pencarian Cepat::

Memuat...

Senin, 06 Februari 2012

bagaikan ... dibelah dua

Kemarin lusa adik saya yg paling kecil, kelas 6 sd, tiba-tiba menghampiri saya.
"A,, tadi ada soal pribahasa di sekolah".
"gimana soalnya?", jawab saya balik tanya.
"bagaikan ... dibelah dua"
"ade jawabnya apa?"
"duren,, jadi bagaikan duren di dibelah dua!". Dengan pede dan wajah kalem adik saya bilang begitu.

Dan dengan tanpa diaba-aba saya pun ngakak sambil ketawagulingguiling. adikf saya dgn wajah tanpa dosanya terbengong-bengong.
"kok bisa jawab duren, dek?"
"habis, inget lagunya jupe!", dengan polosnya dia jawab begitu.

*wadezig!!"
tonjokkan besar menggoyangkan hati saya.
hati kecil saya mengakui kalo adik saya kebanyakan nonton tv,, dijejali sinetron dan infotainment yang kadang ga cocok dengan usianya. Juga lagu-lagu dgn lirik ga penting dan tak mendidik yg bisa2nya jebol ke media paling banyak dilihat manusia padahal Indonesia punya KPI yang harusnya mampu menyaring konten tak berguna dan beracun masuk ke tontonan umum di jam yg juga ditonton anak-anak. Duh dek,, seandainya dirimu paham apa yg dimaksud mba jupe dalam lirik 'belah duren'-nya (yg baca ga perlu ngebayangin aksi panggungnya jupe menyanyikan lagu ini juga kali :P -pen). Tapi sy masih harus bersyukur adik sy blm ngerti arti lirik lagunya jupe tersebut. Kalo dia udh paham tentunya ga bakal blg2 saya dan juga ga bakal bikin guru yg ngoreksinya senyum2 sendiri. Dan masih untung jg adik sy ga nyanyiin lagu dungdats 'hamil 3 bulan' miliknya siapa tu penyanyi dangdut yg pengen nyaingin ayu tingting, duh lupa saya namanya (ini beneran lupa ga pake pura2 lho :P). naudzubillahi mindzalik deh.. smg adk sy ga perlu nyanyi2 lagu ga mendidik seperti itu.

Setelah kejadian ini sepertinya saya harus cari lagi buku koleksi pribahasa Indonesia lengkap milik saya yg dulu pernah jd buku primbon di jaman smp-sma. Sambil tak lupa mengubek2 koleksi buku sekolah sambil nyari RPUL dan RPAL alias Rangkuman Pengetahuan Umum/ Alam Lengkap tulisannya Iwan Gayo. Dan setelah ini juga saya harus mengganti sebagian menu nonton tv adik saya dengan jam baca buku. semoga bisa! Kelak kalau soal peribahasa itu muncul lagi dlm ujiannya, adik saya tersayang harus udah bisa jawab dengan mantap: BAGAI PINANG DIBELAH DUA,, ARTINYA SESUATU YANG TERLIHAT SERUPA/ SAMA.

~the end~



=========================================
~written by *cupZ* from bdg with love...~


5 komentar:

  1. hehehe... untung bilang duren ya sob bukan isinya...

    BalasHapus
  2. ya begitulah...kudu ekstra ketat menyaring konten2 negatif buat anak2 brader. apalagi emak yg udah 3 pitil2 ini. untungnya si emak penyuka lagu2 korea, anak2 pun ikutan suka, jadi sama2 ga ngerti artinya ajah hihihihi

    BalasHapus
  3. @agus,, ahaha emang isinya apa gus :P

    @emaaaaaaaaaaaknya radial,, hihi setuju mak. kalo media sudah begitu bebasnya,, maka harusnya kita2 yang ada di lingkungan sekitar anak2 yang bisa kasih pengertian dan pengawasan yang tepat tentunya. Hwaduh,, si emak dari dul ga pernah ilang gaulnya. lagi musim korea pasti emak+3 unyil nya nyanyi bareng joget2 ala girlband unyu2 itu ya.. hihihi so sweeet :D
    eh makasi mak sudah mampir dan ga hanya liatin spidermannya donk. xixixi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu di jelaskan.. saya rasa sobat lebih paham dari saya^_^

      Hapus
    2. hihihi parah. ga ngerti ah
      *garukgarukkepala :D

      Hapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Tas Lucu Unik Murah

Pengikut

 
========== ==========