=======
=== ===

::Pencarian Cepat::

Memuat...

Sabtu, 29 Oktober 2011

Maicih Asli VS Maicih Palsu?

Seorang teman beberapa waktu lalu menunjukkan sebuah foto dalam hapenya. "Maicih yang bener yang logonya begini atau yg satu lagi sih?". Teman saya lainnya dengan yakin bilang bahwa maicih yang ada kamera hape tersebut yang palsu. Pertanyaan teman saya ini akhirnya menginspirasi saya untuk mengangkatnya menjadi tulisan blog.

maicih hadap depan & maicih hadap samping

Saya berusaha mencari informasi di dunia maya dan juga mencoba membeli produk keripik pedas maicih dengan 2 macam logo berbeda ini. Setelah dibandingkan, memang keduanya berbeda. Beda dimana coba? sebelum membahas tentang perbedaannya saya ingin coba meluruskan, emangnya selama ini ada keripik maicih yang asli dan yang palsu? emang yakin kalo diantara kedua logo maicih itu ada yang palsu? yuk,, mari kita lihat hasil penelusuran saya :D

Dari berbagai sumber yang saya baca,, intinya keripik pedas maicih adalah keripik pedas yang awalnya merupakan bisnis keluarga. Bisnis ini terus berkembang pesat dari awalnya yang cuma dipromosikan sesama keluarga dan teman-teman hingga akhirnya tersiar dari mulut ke mulut. Hingga para penggemarnya sering membicarakan topik super pedas edannya keripik #maicih di twitter. Jeli melihat prospek inilah yang akhirnya dimanfaatkan kakak-beradik pengelola maicih untuk memasarkan produk kripik pedas kampungnya lewat twitter dan cara penjualan yang nomaden. Diluar dugaan ternyata pemasaran cara ini mengundang banyak orang untuk penasaran dan mencobanya, bahkan kabarnya (seperti dikutip dari vivanews) omset maicih pernah mencapai 4 milyar sebulan!

Kesuksesan bisnis keluarga ini ternyata bukan tanpa cobaan. Akibat perbedaan visi kedepan juga cara pengelolaan bisnis, akhirnya kakak beradik ini memutuskan untuk menjalankan bisnis keripik maicih dengan jalannya masing-masing. Keduanya punya nama yang sama, namun kini, seperti terlihat dipasaran ada 2 jenis logo maicih. Yang mana yang asli? ternyata keduanya sama-sama dipasarkan oleh kakak-beradik yang pernah sukses bersama, membangun bersama nama maicih dari nol. Keduanya sama-sama maicih, dan tidak ada yang palsu.

PERBEDAAN

HADAP DEPAN

HADAP SAMPING

Logo

Menghadap ke depan (saya menyebutnya logo MAMAH DEDEH :D)

Menghadap ke samping

Warna

Keputih-putihan (kata putihnya 2x lho :D)

Kemerah-merahan

Ketebalan

Tipis

Relatif lebih tebal

Rempah-rempah

Terasa lebih banyak dan hangat

Relatif sedikit

Rasa

Setelah di tes di level yang sama rasanya kurang pedas dan jenis singkongnya agak manis

Setelah di tes di level yg sama rasanya relatif lebih pedas dan bumbu penyedap semacam vetsin terasa lebih banyak

Kemasan

Plastik yang dibungkus rapi dengan paper bag

Plastik

twitter

@maicih

@infomaicih

website

maicih.com

maicih.co.id

Varian

Keripik (Lev.3/5/10), Seblak, Gurilem, Basreng, Makaroni (Lidi/Lampion/Hileud)

Keripik (Lev.3/5/10), Seblak, Gurilem

Sertifikat

Halal MUI, LP POM, Izin Dinkes

-

Komposisi

Tercantum di belakang kemasan

-

Program Sosial

1 Coin 1 Leaf

-

Produsen

CV. Maicih (dikelola oleh Dimas Ginanjar "Bob" Merdeka)

PT. Maicih Inti Sinergi (dikelola oleh Reza "Axl" Nurhilman)

Agen

Anak/cucu Emak

Jenderal


Setelah pernah coba membandingkan keduanya ternyata produk maicih hadap depan yang kemarin saya coba di level 5 malah terasa agak manis dengan rasa rempah yang dominan sehingga hangat di perut, mungkin dari tipe singkongnya yg berbeda. Sedangkan keripik maicih yang hadap kiri rasa pedasnya sesuai dengan levelnya, walaupun keripiknya agak keras dan dominasi rasa bumbu penyedap (vetsin) cukup terasa. Akhirnya setelah melalui perundingan keluarga yang alot,, saya dan adik-adik saya sepakat lebih menyukai Rasa dari maicih hadap kiri :D :D.

Penilaian diatas itu adalah sangat amat benar-benar subjektif sekali dan semata cuma hasil penilaian saya pribadi,, belum tentu orang lain akan menilai sama dengan yang saya kemukakan tersebut. Apalagi soal rasa,, karena setiap orang akan bisa punya banyak persepsi tergantung dari selera dan kesukaan masing-masing. Dan pada akhirnya,, sebagai penyuka makanan berbahan dasar singkong saya mendeklarasikan diri, walaupun keduanya punya lebih dan kurang,, tapi saya putuskan bahwa:
1. DUA-DUANYA ENAK!
2. Tidak ada Maicih yang palsu diantara keduanya,, karena DUA-DUANYA adalah ASLI makanan yang bisa dicerna oleh perut saya,, dan bukan terbuat dari plastik, karet, atau bahan lain yang merusak tubuh jika dikonsumsi (kecuali bungkusnya :D).

*walaupun dua-duanya Enak dan Asli,, saya sedikit menyayangkan maicih kripik tradisional yang dikemas secara modern dan sukses ini akhirnya harus terpisah menjadi 2 manajemen.
Walau bagaimanapun, Yuk dukung produk kreatifitas anak bangsa!

=========================================
~written by *cupZ* from bdg with love...~


73 komentar:

  1. okkeh hariman, terimakasih juga udah berkunjung dan membaca,, dan berkomentar =)

    BalasHapus
  2. udah coba yg lvl 5 maicih hadep depan .. masih jauh lebih pedes maicih classic lvl 5

    BalasHapus
  3. @anonim.. yup itu jg yg saya rasa. maicih hadap samping pedasnya msh lebih edan dibanding maicih hadap depan. rasa gurih dr vetsin (msg) ny kerasa bgt yg bikin ketagihan. walopun sebetulnya klo kebanyakan.itu g baik bwt tubuh..

    sesangkan pedasnya mamah dedeh.. (hehe.bgtulah sy menybutnya) lbh ke rempah2nya

    BalasHapus
  4. Nice info..
    Sy lum pernah coba kripik yg hadap dpan..jd g bs bandingin.

    BalasHapus
  5. udah coba maicih gurilem yg hadap samping blm? sy ga suka, pedasnya pait! keripiknya jg sy msh lbh suka yg hadap depan

    BalasHapus
  6. menurut saya yang hadap depan itu lebih enak.soalnya antara pedas dan gurih jadi 1.kalo yang hadap samping (meskipun saya blm prnah coba) itu lebih pedes.bukti nyata temen saya makan 1/3 bungkus aja udah nangis mlewer. yah mungkin terlalu pedes .tapi untuk harga sih sama,dan rasa nya mungkin tergantung penilaian.kalo yang di reportase investigasi yang kripik pedes tapi pedesnya pake balsem itu beneran ada nggak sih? jadi was was kalo mau beli lagi krpik2 begituan. tapi okelah ,maicih emang top !

    BalasHapus
  7. sayang dan pacar saya lebih sering beli yg maicih hadap depan soalnya menurut kami rasa pedasnya lebih sopan dan gak menguras perut meski saya tau yg hadap kiri lebih enak dan jauh lebih pedas pula sesuai level..

    BalasHapus
  8. @yuki+anonim,, yup yup. secara etika kesopanan (hihi ada juga kesopanan dlm makanan ya :P) saya emang setuju sama kalian. hadap depan lebih wajar,, juga dari segi kesehatan,, krn ditunjang dengan seritikat LPPOM dan Dinkes. tapi buat org yg kebal cabe n gila pedas emang maicih hadap depan msh kurang greget. makanya hadap samping byk dicari penggila pedas...

    kalo untuk keripik pedas dengan balsem (asli JAHAT BANGET pelakunya ini) kalo memang tv swasta berani menayangkan investigasinya harusnya mereka mampu mempertanggungjawabkannya dan benar adanya. karna kalo ga terbukti bisa menjatuhkan para produsen kripik pedas,, terutama yg golongan bawah,, dan yang berdagang dengan jujur pula. kasian mereka...

    yah yg penting mah waspada aja semoga keripik singkong pedas dengan balsem ini bukan salah satu dari yg pernah kita makan...

    dan pelakunya cepet tobat!

    BalasHapus
  9. jadi ternyata aslinya sama ya?
    saya awalnya menduga salah satu dari mereka 'menembak' produk yang lain
    dan yang kebetulan ada di Malang sih kebanyakan ya maicih yang hadap depan
    kunjungi blog saya juga yah =D

    BalasHapus
  10. oalah gitu toh ceritanya.. pantesan aku jadi bingung...

    BalasHapus
  11. @agis,, yup,, mereka adik kaka,, dan satu manajemen. wah gmn respon di malang? rame juga ga maicih nya? soalnya klo hadap depan kan ga pake sistem pemasaran dgn dagang2 di mobil kayak yg dulu gitu. kalopun hadap depan banyak yg dagang di mobil nomaden biasanya itu pedagang 'nakal' yang jual dgn harga nyaris 2x lipat HET (harga eceran tertinggi)

    @anas,, yup yup,, itu hasil pengumpulan data dari berbagai sumber. siiiplah semoga ga bingung lagi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya prnh beli krpk di mbl harganya lbh mhl drpd di supermaket tau gtu mending beli di supermarket

      Hapus
    2. Saya prnh beli krpk di mbl harganya lbh mhl drpd di supermaket tau gtu mending beli di supermarket

      Hapus
  12. di malang banyak kok =D
    kalau yang hadap depan malah dijual di hipermart-hipermart
    banyak banget yang nyari maicih, menurut saya sih kurang pedes :D
    maklum suka pedas

    BalasHapus
  13. wah,, ada juga yg jualan maicih di swalayan yaa? baru tau saya. di bandung sendiri malah blm nemuin maicih masuk swalayan.

    yup yup,, bagi penggila pedas. maicih hadap depan emang dirasa kurang pedas. cuma hangat aja rempah2nya.mungkin disini jg nilai sehatnya mknya dpn sertifikasi bpom. atw cobain yg lev10nya barangkali lbh sangar,, sy jg blm coba :D.

    makanya juga sebagian penggemar pedas msh lbh suka yg hdp kiri. semua kembali ke konsumennya deh. hehe

    BalasHapus
  14. yang hadap samping juga udah ada sertifikasi halal dari MUI dan ada ijin BP POM lho

    BalasHapus
  15. akhirnya terkuak sudah penasaran yg selama ini ane pendam, makasih bang cupz

    BalasHapus
  16. y @anonim.. boleh bantu sy no sertifikat halal dan bp pom nya? biar bs sy cantumkan di tabel perbandingan diatas. supaya ga salah informasi bgi pengunjung blog ini

    @chinta.. siap kawan. you're welcome. sering berkunjung f blog ini yaa :D

    BalasHapus
  17. @cupz :yang hadap samping juga ada mas sertifikat LPPOM / MUI nya.cuma kurang jelas karena transparan sama bungkusnya jadinya cuma keliatan logonya aja nomernya enggak keliatan ,,cuma bener2 ada barusan kemaren saya beli....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe oh gitu ya. siiip deh thx infonya kawan!
      berarti waktu sy beli dan ngereview maicih ini yg hadap samping memang dulu blm ada ya. dan mungkin skrg udah ada perubahan

      Hapus
  18. depan atau samping. smua asli. setuja dgn riview di atas. sip tanpa menghakimi salah 1 nya. aku dua2 blm pernah coba. cm klw liatin tman and istri makan. kayanya sih suka yg mamah dede. aku ada gangguan cerna. jd g bisa nyobain. dukung terus kreatifitas anak bangsa. saluuuut.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya klo gangguan cerna harus menghindari yg pedas2,, klo gitu perlu diusulin nih ke manajemen maicih utk ngeluarin produk keripik yang aman bagi yg punya gangguan pencernaan,, supaya tetep bisa menikmati,, tapi tanpa rasa pedas,, hehe

      Hapus
  19. yup udah jelas sekarang... thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip terimakasih kunjungannya
      =)

      Hapus
  20. lbh enak yg hadap dpn. Mslh rasa sm bumbu nya enak. Hadap kiri cm pdes doang bkin mules.kbykn msg g sehat jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi,, benul kembali ke selera konsumennya deh

      Hapus
  21. Thanks Infox...

    Yg hadap depan legalitasx jelas...
    & lebih sehat di perut (gk mules2) =D

    Namun soal rasa mmg lebih enak Maicih hadap samping (menurut lidah sy)... Namun efekx bikin mules..
    Well kembali lg ke konsumen..

    Sayangx lg distributor maicih "kiri" & maicih "depan" di daerah sy malah menganggap merk mereka sama2 "asli" bahkan saling mengatakan palsu satu sama lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe begitulah kalo sdh berselisih paham. semoga tetap bersaing sehat deh =)

      Hapus
  22. yang satu halal dan yang satunya lagi gak jelas halalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ade,, hihihi kalo bahan makanannya yg terbuat dari singkong ya jelas halal.
      asal maicihnya bukan hasil nyolong,, ya tetep halal,,

      cuma kalo bersertifikasi kan sebagai bukti, halal bahan dan komposisi bumbunya sudah teruji oleh badan yang berwenang :D

      Hapus
  23. Apa perbedaan maicih hadap kiri yang palsu sama yg asli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru saya ga tau kalo ada maicih palsu :D
      kalo mau beli yg asli yg jelas harus dari agen/ distributor yang resmi. selain keripiknya asli, harganya juga asli sesuai Harga Eceran Tertinggi dan ga di lipatgandakan.

      coba hubungi daftar agen/jendral/penyalur/anak/cucu emak yang resmi di website dan twitternya yang tertera diatas...

      Hapus
  24. saya sudah coba yg depan dan samping dan lebih memilih yg depan
    kalau yg samping bumbunya terasa gk alami, pasaran aja di cimais sering saya dapatkan pikset model begitu dan warnanya itu loh takut pakai pwarna buatan yg tdk alamiah , tp yg depan bumbunya beda ke perut lebih sehat gk bikin mules berkepanjangan,kl yg samping udah mules gk keluar2, kbayang tuh panas lama di perut, kl yg depan mules lgsg deh kebuang mencret n lega

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi bisa aja brader anonim,, jadi pikset alias keripik setan macam begini sering dijadiin obat pencahar juga ya :D :D
      *piss aaah

      Hapus
  25. mantap bang ulasannya. kebetulan nih hari ada yang bawa maicih mama dedeh. eh tau-taunya ada temen yang bilang itu palsu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti ga lama habis makan maicihnya langsung googling "perbedaan maicih asli dan palsu" ya? hehehe.. yup hasil penelusuran saya sih seperti yg diulas diatas,, barangkali ada lebih atau kurang yg perlu dikoreksi ya monggo :D

      jadi kesimpulannya dirimu pilih yg mana gan? :D

      Hapus
  26. siip,
    makasih infonya...
    sempat beli yg hadap samping...dan saya pikir itu palsu ternyata 22 nya....
    bersaudara y....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup,, masih sodaraan,, tapi sama2 makanan kok,, kembali kepada konsumen deh,, leebih suka yang mana,, tergantung lidah masing2

      Hapus
  27. makasi sohb, ga ada perbandingan harga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo harga mungkin ada di web resmi masing2 produsennya,,
      tapi sebagai gambaran,, utk saya yg tinggal dibandung,, maicih yg asli keripik dengan tingkatan sedang,, level 1-5,, kemarin beli yg hadap samping harganya Rp. 11.000/bungkus,, dan maicih mamah dedeh yg hadap depan beli di harga Rp.12.000/bungkus.
      harga mungkin bisa berubah sesuai kebijakan resmi dan harga eceran tertinggi masing2 kota. dan kadang saya temui juga penjual maicih yg menjual keripik sampe 20-25rb/bungkus mengatasnamakan MAICIH ASLI/LEBIH ENAK DSB nya,, wapada aja mungkin itu bukan reseller resme ataupun reseller nakal yg memanfaatkan ketidaktahuan pembeli ttg harga eceran tertinggi (HET)

      Hapus
  28. Hmmm...Nice Review... Mau nambahin, sekarang kemasan Maicih hadap samping udah berubah loh, jadi lebih eye catching... Dan ada produk baru, namanya Seblak Keju, ini favorit saya diantara semua jenis... Walopun ciri khasnya emang keras2 (seblak itu kerupuk bantet), tapi enak banget rasa kejunya...Pedesnya juga masih bisa diterima lidah saya...:D

    Yang belum coba, cobain deh..

    Btw, saya ga ada hubungannya sama Maicih manapun ya, cuma konsumen biasa :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe nice info mba,, sy jd kangen sama maicih nengok,, ntar coba cari seblak keju aaaah.

      hihi iya komenmu nampak seperti marketing maicih,, tp gpp harus mengungkapkan isi hati sambil tetap menjaga netralitas (kaya pemilu aja,, hehe)

      thx 4 comment ya!

      Hapus
    2. aku baru aja abis nyobain seblak keju. bungkusnya keren kyk model kripik luar gitu... trus rasanya juga enak, kejunya terasa en pedesnya mantap...

      baru kali ini nyobain gara2nya ada tmn jual. aku beli harga 21.000 di Bali. tp tulisan di bungkusnya 18.000 harga p.jawa... ya wajar sih biaya ongkir. cuma kalo sering2 bokek juga. hehehe...

      oya btw tau drmn sih level2nya itu?? perasaan tak liat2in bungkusnya gak isi tuh,,,,

      Hapus
    3. waah,, kayaknya enak yaa. sampe sekarang sy juga blm kesampean nyobain seblak keju. skrg justru jarang nyari jendral maicih yg bergentayangan di kota bandung,, dulu biasanya banyak keliatan dimana2.

      klo untuk keripik singkong biasanya level/ tingkat kepedasannya ada di kemasannya Mira Cute,, tapi untuk produk semacam seblak, gurilem,, kadang ada yg cuma diproduksi dengan 1 level kepedasan jadi ga ada pilihan lain... gitu setau saya :D

      Hapus
  29. hehehe jgn ngarang loh gw beli maicih samping level 1-5 harganya 15.000,jgn jatuh2in produk maicih

    BalasHapus
  30. trus gw beli yg samping ada komposisinya tuh,udah tau yg pertama kali produk maicih yg samping

    BalasHapus
  31. @reksalaransaga,, iya sobat, ini postingan sy tahun 2011 dan tentunya harga yg sy sebut diatas adl harga taun lalu ketika sy beli dan membandingkan 2 jenis maicih ini spt tampilan di foto. perlu digarisbawahi saat sy menyebut harga pd komen sblm ini sy blg harga bs berubah sesuai kebijakan manajemen dan biasanya HET ad di web resminya.

    Jd soal harga dan tampilan kemasan emg msh mungkin berubah spt yg disampaikan monica diatas,, jd sy hanya membandingkan kedua produk ini yg ada pd saat sy posting taun lalu. dan kondisi skrg tentunya bisa berubah :)

    thx udh mampir

    BalasHapus
  32. trus gmna soal masalah hak cipta klo sdh pisah bgini??
    di mkasar jg udah ada di toko2 yg hadap depan..
    tp pas sy tanya orgx yg hdap samping,dia blg yg satu itu yg palsu..
    tp sy skrg udah gk suka maicih lagi sih..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,, iya kayaknya karena masing2 akhirnya bikin perusahaan sendiri jadi ga masalah kali ya :D..

      tapi ga tau juga dengan nama MAICIH-nya,, kalau salahsatunya sudah mendaftarkan hak cipta lebih dulu,, harusnya yg lainnya jadi kena pasal pelanggaran hak cipta,,

      tapi itu bukan bidang saya,, jadi sy ga ngerti,, dan biarkan kita jadi konsumennya saja yang menikmati,, san menilai berdasar hati nurani... hihi

      Hapus
  33. skrg juga maicih hdp samping sdh ada kemasan baru..dan harganya ada yg 20rb dan ada yg 22rb di mksar (hrg asli 15rb dan 18rb)

    klo yg mama dedeh di sni mhal banget gila 30rb rata semua jenis...mkax gk pernah beli..cuma nanya doang..:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset.. Mahal amat yg mama dedeh yach..?? aku lom pernah sih nyobain yang tampak depan. kalo tampak samping sih udah rasa seblak keju, rasanya enak en di Bali harganya 21.000

      Hapus
    2. waaah,, mahal juga ya kalo udah kejauhan gitu. tapi emang klo diperhitungkan dengan ongkos kirim kesana yang jauh dari pabriknya mungkin wajar,, tapi untuk kroscek dan ga ketipu sama harga yg ga wajar ada baiknya kunjungi websitenya dan cari tau HET (harga eceran tertingginya di masing2 daerah)...

      anyway,, thx untuk Ade dan Mira yang udah share harga Maicih di masing2 daerahnya yaaa... jadi nambah pengetahuan juga nih. ntar sy klo main ke makassar/ bali bawa maicih dari bandung yg banyak ya,, lumayan selisih harganya bisa buat ongkos,, hhehe

      Hapus
  34. saya selalu beli yang hadap samping lv 10. soalnya suka pedas. :D

    BalasHapus
  35. saya jual di manado maicih hadap depan harganya 20ribuan hehehehe

    BalasHapus
  36. Kalo bwat oleh2 temen kantor,ane suka maicih samping level 10,lsg buka,taroh piring...tadaaaaaaa......jebakan betmen tersaji deh :-D

    Kalo makan sendiri,lbh suka yang mama dedeh,lebih diterima di lidah sama perut,menurut ane juga lebih empuk.....

    Yang jelas, ane jarang-jarang bli coz harganya juga nonjok klao keseringan :'(

    BalasHapus
  37. Terimakasih reviewnya kang, saya baru tau malah ternyata ada hal demikian, hehe, review website butuh bantuan untuk yang ini kang : Keripik Maicih Official website dan Keripik Maicih official Forum

    BalasHapus
  38. Saya udah coba maicih level 10 nya Axl n level 10 nya mama dedeh. Kalau saya bandingin kayanya level 10nya Axl itu lebih enak, meskipun pedes banget sampe bikin mata berair. Kalau yang mama dedeh kebanyakan bumbunya, terus bumbunya nimbun gitu jadi berasa sedikit pait. Overall, saya lebih suka maicihnya Axl, lebih menantang. N thx reviewnya agan CupZ

    BalasHapus
  39. maicih hadap depan enak rempah2 sama tekstur keripiknya, tapi maicih hadap samping nampol bgt pedesnya.

    kyanya enak bgt kalo dua2nya digabung.. hehehe

    BalasHapus
  40. Mudah-mudahan tahun 2012 Maicih masih tetap eksis jualan ya, minta doanya cucu cucu semua, :)

    BalasHapus
  41. welcome here maicih,, makasih atas kunjungannya :),, jadi bahagia dikunjungi langsung :D

    siiip,, harus terus eksis donk! maju terus karya anak bangsa!!

    BalasHapus
  42. Udah lama bgt penasaran ma sejarah maicih yang punya dua wajah tp satu nama ini. Akhirnya terjawab sudah. Nice info.

    BalasHapus
  43. Terima kasih infonya,,,selaman ini bingung membedakan, selama ini cuma merasakan maichi yang hadap kiri dan sempat berdebat juga dengan teman mana yang asli dan palus tapi akhirnya keduanya asli, thanks banget infonya jadi lainkali kalau berdebat bisa diklarifikasi

    BalasHapus
  44. aku lebih suka yg hadap samping
    pedesnya gilaaaaaaaaa

    tapi skrg pengen main aman deh mau makan yg hadep depan aja

    BalasHapus
  45. saya barusan beli dua2nya yg lvl 10, saya jembreng di ruangan biar temen2 ktr saya bisa bebas ngambil..ternyata seruangan sepakat milih maicih hadap depan krn tekstur keripiknya lbh ramah dikunyah (yg satunya keras bener) dan pedesnya lbh bisa ditolerir dgn rasa daun jeruk yg kerasa drpd satunya yg pedes total tp jd terasa pahit...tp tentu saja ini mslh selera...skrng mau nyoba yg karuhun yg ktnya keripiknya tdk keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya jg udah coba yg karuhun,, rasa daun jeruknya kerasa banget,, tp itu awal2 keluar karuhun,, ada juga rasa baru yg pake cabe ijo. tp makin kesini2 berasa ilang ciri khas daun jeruknya yg wangi

      Hapus
  46. pedeeeeeeeesss bangeeet sumpah .. gue sampe nangis makannya :')

    BalasHapus
  47. pedeeeeeeeesss bangeeet sumpah .. gue sampe nangis makannya :')

    BalasHapus
  48. enak maicih hadapnya nungging.. hahahaha

    BalasHapus
  49. namnya juga manusia ya gtu,, tinggal nasib ja ntr yg berkata :D

    BalasHapus
  50. klo maicih udah mahal klo ini coba bandingin gan...diproduksi sendiri keripik renyah

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Tas Lucu Unik Murah

Pengikut

 
========== ==========