=======
=== ===

::Pencarian Cepat::

Memuat...

Rabu, 17 Agustus 2011

Petugas Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI - Istana Merdeka


Biasanya sejak jaman SMA,, kalo ga kebagian jadi petugas upacara saya lebih suka menunggu detik-detik proklamasi dan menontonnya live di depan tv. Daripada harus bermain-main ikutan lomba di depan rumah yang kadang kurang gengsi :D. hihihi. Tapi tahun ini beda,, berhubung sedang puasa, lomba 17-annya pun kaga ada, dan sayanya juga menikmati kesendirian sambil menunggu waktu berbuka tiba. Jadilah hari merdeka yang berbeda! Ceritanya selepas Solat Subuh dan beres mengejar targetan tadarusan saya pun terlelap tidur nyenyak lagi... Hingga tiba2 tidur lelap saya pun terusik dengan bunyi getar HP saya yang memberitahukan panggilan masuk.

Sambil sedikit tidak percaya, ternyata ini memang hari merdeka yang berbeda! Saya kelewat nonton upacara bendera,, dan akhirnya ga sempet nonton live dari istana merdeka :(. Dari jam yang nongol di HP saya pun harus rela mengakui kalo ini sudah jam 11 menjelang siang!! Aaah,, liburan saya sia-sia kalo kebanyakan tidur begini. Tapi biarlah,, toh nasi sudah menjadi bubur,, -ingat pesan Aa Gym- sekarang tinggal bagaimana caranya bubur ini saya bikin jadi bubur spesial. Bubur yang gak harus disesali :D. Ditambah telur, kecap,, ayam suir-suir,, taburi kacang, daun bawang, seledri, dan sedikit merica. Yummy!

Hoalaaaah... hari ini kan saya puasa. Malah ngalor ngidul cerita bubur ayam spesial!!
*dongdong*

Keluar kamar ternyata adek saya yang SD lagi sibuk mencatat di depan tv. Adek saya dapet tugas sekolah untuk mencatat para personil petugas Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang disiarkan dari Istana Negara Jakarta, mulai dari Inspektur Upacara, Komandan Upacara, sampai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Dia sempet bingung karena beberapa petugas nggak sempet terdengar dengan baik namanya. Akhirnya sambil masih bermata merah dan baju aroma iler saya buka modem dan bantu cari di google deh, sambil juga searching video rekaman detik-detik proklamasi kemerdekaan Ri ke-66 di youtube. Inilah hasil pennemuan di pos kota:
JAKARTA (Pos Kota) – Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ri berlangsung khidmat. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai inspektur upacara dalam upacara yang berlangsung di halaman Istana Merdeka.

Dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus ini Ketua MPR Taufik Kiemas yang membacakan teks proklamasi dan pembacaan doa disampaikan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Sedangkan Komandan Upacara Kolonel Laut Yeheskiel Katiandagho. Sementara itu, pembawa baki bendera Sang Saka Mera Putih Muvida Pratiwi Fallugah (SMA Negeri ! Gorontalo), pembentang Bendera Merah Putih Angga Grilyan (SMA Negeri ! Tahuna, Sulawesi Utara) dan pengerek Bendera Merah Putih Hario Wibowo (SMA Negeri 1 Yogyakarta).

Dalam peringatan detik-detik Proklamasi ini hadir Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono bersama Herawati Boediono. Selain itu, hadir para pimpinan lembaga tinggi negara di antaranya, Ketua DPR Marzuki Alie termasuk seluruh menteri Kabinet
Indonesia Bersaty, para duta besar dari negara-negara sahabat.

Yang paling menakjubkan, hadirnya di angkasa konvoi pesawat Sukhoi yang terbang begitu dekat dengan bumi, sehingga menyentakan para hadirin yang sedang mengikutinya peringatan detik-detik proklamasi. (johara/dms)

site: http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/08/17/presiden-sby-pimpin-upacara-di-istana-negara
dan ini video youtubenyah:


Kalo masih bingung sama petugas2nya,, berikut urutan protokoler susunan acara peringatan hari kemerdekaan Ri di Istana Negara, Jakarta, yang saya catat sendiri dari rekaman video yang beredar luas di dunia maya. Semoga bisa membantu buat temen-temen, adek-adek, yang sedang mencari dan dapet tugas PR kayak adek saya :D

DETIIK-DETIK PROKLAMASI

09.57 WIB: Presiden dan Ibu, Wapres dan Ibu, memasuki tempat upacara
penghormatan kepada inspektur upacara (Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono)

09.59 WIB: laporan Komandan Upacara (Kolonel Laut Yehezkiel Katiandagho)
Kol. Laut Yehezkiel Katiandagho sekarang bertugas di Danko Paska Armatim
Alumnus Akademi Angakatan Laut 1990
Lahir di Malang 3 September 1965

10.00 WIB: Peringatan Detik2 Proklamasi
Pembunyian Sirine dan Peletusan 17 dentum meriam
-bagian ini yang selalu bikin saya merinding tiap nonton detik proklamasi-

10.01 WIB: Persiapan Pembacaan Naskah Proklamasi (Tanda Kebesaran Buka - Hormat Senjata- Tegak Senjata)
10.02 WIB: Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua MPR, Taufik Kiemas:

"PROKLAMSI
Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia,
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain lain
diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya

Jakarta 17 Agustus 1945
atas nama bansa Indonseia
Soekarno - Hatta"

10.03 WIB: Tanda Kebesaran Tutup
10.04 WIB: Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara (Prsiden SBY)

10.05 WIB: Pembacaan Doa Oleh Menteri Agama RI (Suryadharma Ali)

dikutip dari Pos Kota, berikut para petugas Paskibraka Upacara Penaikan Bendara Merah-Putih yang dikenal dengan nama Tim Sabang. Sedangkan upacara Penurunan akan dilakukan tim Merauke sore ini sekitar pukul 17.00.

pembawa baki bendera Sang Saka Mera Putih Muvida Pratiwi Fallugah (SMA Negeri 1 Gorontalo), pembentang Bendera Merah Putih Angga Grilyan (SMA Negeri 1 Tahuna, Sulawesi Utara) dan pengerek Bendera Merah Putih Hario Wibowo (SMA Negeri 1 Yogyakarta).

Merdeka! =)


=========================================
~written by *cupZ* from bdg with love...~


6 komentar:

  1. makasih banyak kaka!
    akhirnya tugas sekolahku sebelum lebaran tuntas setelah dapat info nama lengkap petugas upacara hari kemerdekaan di istana negara! makasi banyak kaka

    BalasHapus
  2. tugas liburanku juga beres utk ngerangkum upacara 17an di istana merdeka. thx banget ya kak!

    BalasHapus
  3. makasi ya. aku juga dapet dari sini komplit infonya!

    BalasHapus
  4. thx kaka berkat informasi ini aku mendapat nilai a+

    BalasHapus
  5. waah,, alhamdulillah yah,, ga nyangka tulisan saya ini membantu banyak orang,, sampe ada yg dapet nilai A. Selamat ya Ahmad Fadli,, senang bisa membantu =)

    sampe ada yg kirim imel,, kirim sms ucapan terima kasih segala,, kirim bunga,, kirim makanan,, waah terimakasih semua. cukup dengan komen aja sy udah seneng kok
    (asli! yg ini lebay ;))

    BalasHapus
  6. Menarik sekali upacara proklamasi kemerdekaan ini

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Tas Lucu Unik Murah

Pengikut

 
========== ==========