=======
=== ===

::Pencarian Cepat::

Memuat...

Rabu, 13 Oktober 2010

Fenomen Halo di Langit Bandung

Siang ini pas matahari lagi menggantung tepat diatas kepala saya lagi berada di liarnya jalanan kota Bandung dengan handsfree tertanam dikuping. Sayup-sayup dari radio mengabarkan banyaknya sms pendengar yang masuk tentang fenomena alam yang sedang terjadi,, kabarnya ada pelangi melingkari matahari siang ini.

Wew aneh juga! Saya pun penasaran dan sambil bawa motor agak nengok ke arah matahari. Ternyata sulit melihat matahari di jam 12 siang dengan helm besar diatas motor yang sedang berjalan. Mataharinya sih keliatan sedikit,, yang jelas silau,, tapi pelanginya dimana? kok ga keliatan? ah kabar palsu kali. Akhirnya saya putuskan untuk nengokin mataharinya setelah sampai di tempat tujuan. Dari parkiran saya coba untuk liat matahari,, ge keliatan karena terhalang gedung-gedung tinggi. Saya pun berusaha cari angle yang enak untuk memuaskan penasaran tentang kabar pelangi yang melingkari matahari. Akhirnya ketemu!!! Keliatan!!!
Canggih bener,, fenomena alam yang baru saya liat!!!

Jadi di mataharinya memang tidak terlihat ada apa-apa,, langit cerah dengan sedikit awan. Hanya ada awan putih disudut-sudut langit yang jauh dari matahari. Sisanya terlihat langit agak gelap berbentuk lingkaran seolah mengelilingi matahari,, bentuknya hampir seperti telur mata sapi. Kuning bulat ditengah sisinya dikelilingi awan yang putih kegelapan,, canggihnya di lingkaran luar awan tersebut ada pelangi dengan warna mejikuhibiniu (merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu) yang mengelilinginya. Fenomena alam ini berlangsung cukup lama, kabarnya pendengar radio sudah memberitahu dari jam 12 siang,, sampai saya beres makan siang sekitar 13.30 pelangi yang melingkari matahari itu masih terlihat walaupun sudah makin tipis dan nggak terlalu jelas.

Menurut keterangan dari radio yang menghubungi pihak Lembaga Penelitian Antariksa Negara (LAPAN), fenomena seperti ini dianggap biasa. Fenomena alam ini dinamakan efek HALO dimana terjadi akibat adanya kristal-kristal es di langit tinggi yang posisinya seolah tepat mengelilingi matahari,, adanya kristal es di awan tersebut membuat terjadinya pembiasan cahaya di sekeliling matahari. Hal ini lah yang terlihat dari bumi seolah-olah matahari dikelilingi pelangi,, seperti layaknya pelangi yang biasa muncul setelah hujan. Hanya saja pelangi kali ini bentuknya mengelilingi matahari karen awan yang mengandung kristal es pun berada di langit tinggi dan posisinya dibawah matahari.

Berikut beberapa gambar FENOMENA HALO di langit Bandung yang berhasil saya foto lewat jepretan seorang amatir :D


fenomena HALO - Pelangi mengelilingi matahari di langit kota Bandung
12-10-2010 diantara gedung-gedung

tukang jepret fotonya pun ga mau ketinggalan berfoto bersama HALO
capture by cupz Selasa, 12 Oktober 2010




2 komentar:

  1. kuasa Allah..apa yang ia kehendaki maka akan terjadi

    BalasHapus
  2. subhanallah,, betul sobat.
    salah satu kuasa-Nya baru saja ditunjukkan =)

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Tas Lucu Unik Murah

Pengikut

 
========== ==========