=======
=== ===

::Pencarian Cepat::

Memuat...

Rabu, 02 Juni 2010

Memainkan Liga Super Indonesia (Djarum ISL) dan Liga Joss di PES 2010


Setelah sebelumnya cuma bisa mimpi maenin game sepakbola pc yang ada tim nasional dan klub lokal liga Indonesianya, akhirnya beberapa waktu lalu mimpi saya jadi kenyataan. Yup,, kesampean lewat game PC PES (Pro Evolution Soccer 2010) dan kreativitasnya Gururupa Indonesia. Apaan tuh Gururupa? Yup,, merekalah yang mewujudkan impian saya dari kecil, sebuah forum komunitas pecinta game sepakbola PES yang saling berbagi pengalaman dan share online sesama anggotanya. Hingga akhirnya berhasil menelurkan kreativitas yang menurut saya HEBAT!

Sebelumny saya yang punya mimpi aneh bermain liga Indonesia di game PC ini cuma bisa ngotak-ngatik dan ngedit player secara manual yang ada di menu game, tapi gak pernah merasa puas karena ga bisa menghasilkan liga Indonesia beserta wajah para pemainnya. Game bola yang pernah saya utak-atik diantaranya (kalo ga lupa versinya :D),, FIFA 2001, FIFA 2003,, disitu mudah banget ngedit dan bikin player sendiri,, skillnya juga bisa disetting maksimal, tapi nggak terlalu detail, cuma ngikut pilihan wajah dan seragam yang ada aja. Di game-game itu saya cuma pernah bikin tim yang isinya sodara2 sepupu saya semua,, cucunya nenek saya,, alias keluarga besar sendiri dengan nama tim,, "cucunya nenek" hehe. sayang wajahnya kaga ada yang mirip :(. Lama-lama bosen sendiri. Akhirnya hasrat ngedit player diterusin dengan bikin pemain timnas Indonesia karena waktu itu lagi rame-ramenya Piala Tiger se-Asia Tenggara yang sekarang dikenal AFF Cup. Dan teteup,, wajah para pemain ga mirip,, paling cuma Aji Santoso yang punya brewok khas mirip Ponaryo Astaman,, :D.

Tapi kecewanya saya ketika ternyata di game-game FIFA selanjutnya ga muncul lagi menu Edit Player,, alias menu untuk membuat tim dan pemain sendiri. Selanjutnya saya cuma bisa ngarep si penggarap game dari negara2 maju disana suatu hari bisa ngeh dan memasukan timnas dan liga dari kawasan Asia, khususny Asia Tenggara. Mungkin karena faktor prestasi sepakbola Asia Tenggara yg belum membanggakan juga kali ya... Terakhir saya pernah nemuin liga Asia di game sepakbola cuma ada Liga Jepang sama Korean League, sedangkan timnas Asia Tenggara yang pernah saya temuin cuma Thailand, itupun dengan skill ecek-ecek yang susah menang kalo ikut turnamen Internasional. Hingga akhirnya saya bisa sedikit berbangga hati nemuin timnas dan liga Indonesia dalam game bola pc adalah saat saya terserang virus demam game Manager. Yup,, lewat Football Manager saya seneng karena bisa memenej timnas Indonesia sekaligus mengembangkan klub lokal favorit saya, Persib Bandung! Sayang ketertarikan saya sama game berjenis manajer ini cuma sebentar,, ternyata saya ga hobi kayanya untuk memenej,, masih lebih puas untuk bermain langsung sebagai football player.

Untuk game PS (Playstation) sendiri memang saya pernah nemuin game sepakbola yang sudah ada liga Indonesianya, walaupun sepertinya bukan original dari pencipta gamenya. Dan ternyata saya juga bukan pecinta PS karena masih ngerasa lebih puas maen game PC yang lebih banyak setingan untuk diatur sendiri.

Setelah sekian lama menyerah karena nggak ada game sepakbola yang bikin mimpi saya kesampean akhirnya saya nemuin lagi menu untuk membuat karakter sendiri semacam edit player yang dulu saya temuin di game pc FIFA versi lama. Game PC ini bernama Pro Evolution Soccer,, yup lebih dikenal dengan PES. Di PES versi 2009 saya nemuin menu edit player ini dalam mode Master League. Memang ga semudah dan sesimpel edit player di FIFA jadul, tapi saya suka! Ternyata menu edit player di PES 2009 detail banget,, bahkan bisa memasukan gambar wajah sendiri,, memasang emblem,, sponsor di seragam pemain,, sesuai gambar yang kita punya di drive komputer. Keren!! Selain itu harus masukin tinggi dan berat badan segala. Untuk skillnya ga bisa dibuat maksimal,, tapi cuma dijatah sedikit dan bisa diatur mau dimaksimalkan jenis pemain menyerang, bertahan, pelari capat, atau stamina kuat. Awalnya memang skill pemain terbatas,, tapi karena ini mode Master League jadi skill pemain bisa terus ditingkatkan sepanjang liga, tergantung prestasi pemain selama turnamen atau training yg dilakukan saat jeda kompetisi.Akhirnya saya langsung jatuh cinta sama PES dan punya ambisi untuk membuat klub favorit saya (yang timnya memang nggak ada -terdaftar- di PES) lewat menu ini, PERSIB BANDUNG.

Ternyata ambisi saya bikin minimal 11 pemain inti Persib gagal,, sebabnya adalah ternyata membuat 1 karakter pemain saja butuh waktu lama,, harus kenal betul karakter pemain aslinya jika ingin membuat pemain virtual yang mirip. Jadi ga cuma berbekal foto wajah doang,, untuk muka aja harus di setting pas antara foto dengan ukuran hidung,, bentuk muka,, jenis kuping,, dagu,, bibir,, mata. Wuiih,, capek juga! Akhirnya saya nyerah dan memilih untuk membuat karakter diri saya sendiri sebagai pemain sepakbola virtual,, karena memang saya yang mengerti betul bentuk muka dan postur saya sendiri,, jadi dikira2 dan dibuat semirip mungkin. Akhirnya berhasil juga! walaupun ngerasa belum maksimal tapi dari angle-angle tertentu karakter yang saya buat ini mirip juga,, hehe. Tim dan seragam tempat saya bernaung juga dibuat sendiri,, bernama "Indonesia" dengan seragam merah-putih dan emblem Garuda di dada,, hoho bangga :D. Tapi pemain2 lainnya males buat lagi,, jadi ngikut default master league player dari PES aja. Dan skill pemain yang saya buat ini terus berkembang sepanjang liga berlangsung,, tergantung dari prestasi saya di tim juga,, kebetulan saya buat sebagai striker dan dengan banyak menyerang dan menyarangkan gol ternyata meningkatkan popularitas dan skill karakter virtual saya itu sebagai pemain bola. Mantaff dah,, hihi. Puas rasanya sampe akhirnya bisa mendapat gelar juara kompetisi dan terus naik tingkat.

Sampai suatu hari mimpi saya bener-bener jadi nyata!! Saya menemukan game pc sepakbola yang berisi Liga Super Indonesia (ISL) lengkap dengan Liga Joss dan wajah2 pemain yang mendekati mirip! Nggak hanya itu,, ada juga timnas Indonesia dan wilayah Asia Tenggara yang selama ini sulit dicari. Luar biasa!! Saya puas banget,, dan liga ini semua saya mainkan dari PES 2010. Tapi tunggu dulu,, karena ini bukan sembarang Pro Evolution Soccer,, karena di PES aslinya liga Indonesia dan Tim Nasional negara-negara Asia Tenggara ternyata MASIH NGGAK ADA. Saya bisa memasukan liga Indonesia lengkap dengan wajah-wajah pemainnya yang mirip berkat Gururupa Indonesia. Ketidaksengajaan saya terdampar ke forum Gururupa Indonesia lewat google membuat saya berhasil mewujudkan impian masa kecil,, hihi. Awalnya agak sulit dan gak ngerti gimana caranya memasukan patch dan file lainnya supaya bisa main liga Indonesia di PES 2010,, saya cuma ikut mendownload link link yang diberikan di forum aja. Akhirnya saya gabung di forum gururupa dan banyak cari tahu,, Alhamdulillah! sekarang udah berhasil bersenang-senang dengan liga Indonesia dan Timnas Asia Tenggara di PES 2010.

Untuk cara memasukan patch, penambahan wajah pemain, dan link downloadnya supaya bisa menambah Liga Super Indonesia di PES 2010 akan saya tulis di postingan berikutnya ya....
nggak susah ternyata!
*berhubung postingan udah kepanjangan, saya alhiri dulu :D

catatan: skrg sy sedang menjalankan mimpi memperjuangkan timnas u-19 Indonesia untuk lolos penyisihan grup di Piala Dunia (FIFA World Cup) Afrika 2010. Hanya di PES 2010 with Gururupa Indonesia ;)


4 komentar:

  1. haha,, iya gan,, silakan dicoba download patch terbarunya dari gururupa.com

    BalasHapus
  2. dimana downloadnya??
    caranya gimana biar bisa main timnas di pes2010??

    BalasHapus
  3. silakan langsung meluncur kesini untuk link downloadnya gan,, dari pes 2010 2011 2012 semuanya bisa dimainkan dengan liga indonesia,, seru!!!

    BalasHapus

::jangan cuma numpang baca::
Kasi komentar juga ya! ;)
*thx

::statistik::

Entri Populer

Tas Lucu Unik Murah

Pengikut

 
========== ==========